free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 02 Februari 2016

Kepercayaan yang membatasi diri

by Unknown  |  in Pengembangan Diri at  Selasa, Februari 02, 2016


Pernahkah anda merasa tidak mampu melakukan sesuatu padahal anda belum pernah mencobanya? Berarti saat ini anda terjebak dalam kepercayaan yang membatasi diri.

Umumnya kita diingatkan akan ketidakmampuan diri kita dalam melakukan hal-hal tertentu. Sering kita dibatasi dengan kata-kata yang membuat kita rendah diri, seperti kata-kata berikut:

  • Kamu Payah
  • Tidak Ada Yang Bisa Kamu Lakukan
  • Kamu Tidak Mampu
  • Kamu Lemah
  • Kamu Tolol
  • Kamu Lamban
  • Kamu Bodoh
  • Kamu Tidak Punya Talenta
  • Kamu tidak Bisa Melakukannya
  • Itu Sulit Dilakukan
  • itu tak mungkin diselesaikan
  • Terlalu susah
  • Terlalu payah
  • Tidak mungkin
  • Mustahil
  • Kamu Pasti gagal
  • Sia-sia pekerjaanmu



Mungkin hampir setiap hari kita mendengar kata-kata tersebut sehingga secara tidak sadar, alam bawah sadar kita merekam dan menyimpannya. Dan ketika kita merasakan kegagalan, maka rekaman dari alam bawah sadar tersebut muncul dan memberikan kita pemikiran bahwa kita sungguh-sungguh seorang yang gagal. Padahal kegagalan sama sekali bukan hal yang permanen. Tidak ada orang yang gagal, yang ada hanya pola pikir yang gagal.

Pola pikir yang gagal ini harus diubah. Kita harus memulai dengan memberikan kata-kata yang positif pada diri sendiri. Daripada mengatakan bahwa Anda lamban, ganti dengan Anda kurang cepat. Jika anda selalu berkata "Aku tidak mampu melakukan sesuatu", ganti dengan "Aku bisa melakukannya, caranya saja yang tidak tepat". Hal ini sama dengan cara pandang anda dalam melihat sebuah gelas yang berisi air. Jika anda mengatakan airnya setengah penuh, maka fokus anda pada kelimpahan yang anda miliki. Jika anda mengatakan airnya setengah penuh, maka fokus anda pada kekurangan yang anda miliki. Anda bisa melakukan banyak hal jika mengubah sudut pandang anda.

Mulai sekarang gunakan kata-kata yang meningkatkan kepercayaan diri anda, seperti kata-kata berikut:

  • Aku bisa melakukannya
  • Aku mampu
  • Ini agak tidak mudah
  • Aku belum menemukan solusinya
  • Aku belum sukses
  • Aku memang sedikit kurang cepat
  • Aku memang kurang cekatan
  • Aku hanya kurang mengerti
  • Aku belum tahu semuanya
  • Ini pasti ada manfaatnya, hanya cara saja yang salah





Ubah kepercayaan yang membatasi diri anda. Tanamkan hal yang baik pada diri anda sekarang.



Sumber gambar: http://breathingprosperity.com/blog/tag/get-rid-of-limiting-beliefs

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: