Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 22 Juni 2012

Plastik yang bisa menyembuhkan diri sendiri

by Joielechong sipayung  |  in informasi at  Jumat, Juni 22, 2012


Material yang dapat menyembuhkan diri sendiri memberikan kemungkinan dimana touchscreens yang tergores mampu memperbaiki dirinya, sirkuit rusak mulai bekerja kembali, dan bahkan bangunan yang mampu mengisi setiap celah kerusakan yang muncul dalam strukturnya tanpa bantuan lain. Apa yang mungkin kita tidak sadari adalah dalam proses penyembuhan yang terjadi, bahan-bahan ini bereaksi seperti kulit kita dan darah tidak setelah cedera.

Video di atas menunjukkan plastik dan bahan busa mampu menyembuhkan diri mereka sendiri. Proses ini bergantung pada mikrokapsul berukuran 20 mikron atau lebih kecil, dimana saat keretakan terdeteksi ia akan berubah bentuk dari padat ke cair dan membentuk gumpalan sintetis dalam materi. Bekuan yang kemudian terjadi, mengisi celah dan menyembuhkan "luka", bahkan dalam beberapa kasus hingga ke titik di mana bahan ini lebih kuat daripada sebelumnya.


Mikrokapsul dapat berada di seluruh bahan plastik, atau mereka dapat terkandung dalam jaringan pembuluh darah mikro buatan yang siap untuk melakukan pekerjaan mereka ketika diaktifkan oleh trauma. Dengan solusi sistem vaskular, material dapat dihubungkan ke pompa dan solusi penyembuhan dimasukkan ke dalamnya melalui jaringan saat diperlukan.

Penelitian terhadap "pendarahan" plastik ini sedang dilakukan di University of Illinois dan dipimpin oleh profesor teknik Nancy Sottos Ph.D. Meskipun masih banyak penelitian yang harus dilakukan, faktanya kita sudah bisa melihat penyembuhan plastik sendiri yang memberikan gambaran bahwa dalam waktu dekat goresan pada perangkat kita mungkin tidak lagi menjadi sesuatu yang perlu dikhawatirkan.



Produk pertama yang menggunakan mikrokapsul penyembuhan kemungkinan besar merupakan cat dan coating karena mereka dapat ditambahkan seperti pigmen. Bila Anda melihat bahwa iklan pertama untuk sebuah mobil yang menyembuhkan goresan sendiri, Anda tahu mikrokapsul telah berhasil keluar dari lab.

Dengan lebih banyak penelitian dan pengembangan Sottos berharap untuk mengintegrasikan mikrokapsul ke dalam perangkat elektronik, baik untuk casing eksterior mereka atau sebagai bagian dari bagian dalam sirkuit. Dalam kedua hal, hasil penelitian ini akan membuat gadget kita jauh lebih tangguh.


baca lebih lanjut di ACS

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: