free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 27 Januari 2014

Setting DHCP Server pada ZTE F660 (ZXHN F660)

by Unknown  |  in Networking at  Senin, Januari 27, 2014

ZTE F660 (ZXHN F660)
 Ada sebuah kasus yang aneh waktu saya berusaha mengganti setting DHCP Server dari perangkat Modem/Router ZTE F660 (ZXHN F660).
Konfigurasi jaringan yang saya gunakan saat kasus ini terjadi adalah sebagai berikut:

Internet/Web ->MODEM/ROUTER->Switch->End User (Client)

Saat mencoba mengganti nilai awal DHCP-nya sebagai 192.168.1.100 dan nilai akhirnya 192.168.1.200 seperti gambar 1.2:
Setting DHCP Server
Gambar 1.2 Setting DHCP Server
  Namun saat menghubungkan perangkat komputer ke jaringan yang terhubung ke perangkat ZTE ini, perangkat komputer tersebut malah mendapatkan IP Address 192.168.1.2. Seharusnya alamat yang didapat perangkat komputer ini diantara 192.168.1.100 dan 192.168.1.200.

Saya awalnya berpikir mungkin perangkat ZTE ini harus dimatikan dan dinyalakan kembali. Sayangnya, setelah melakukan hal tersebut, perangkat komputer yang terpasang tetap mendapatkan IP 192.168.1.2. Jadi timbul kecurigaan saya, jangan-jangan perangkat ZTE ini sudah rusak.. Waduh, repot kalau harus mengklaim perangkat yang rusak nih.


Dalam rangka menghindari repot (karena malasnya diri ini) mengklaim perangkat, saya mencoba mencari di google apakah ada error atau cacat pabrikan dari perangkat ZTE ini. Namun hasilnya nihil.

Tidak kehabisan akal, saya coba telusuri tampilan settingan perangkat ZTE tersebut. Di bagian Network-> LAN->DHCP Conditional Serving Pool saya temukan setting untuk DHCP bagi masing-masing LAN Port dan SSID. Di bagian LAN Port 1 tertulis IP Address dimulai dari 192.168.1.1 sampai nilai akhir 192.168.1.100. Hmm..sepertinya ini yang menentukan ip address dari komputer klien. Saya coba mengubah nilai awal menjadi 192.168.1.100 dan nilai 192.168.200 (Seperti pada gambar 1.3).
Gambar 1.3 Setting DHCP Conditional Serving Pool

Kemudian saya restart perangkat ZTE dan perangkat komputernya..
Please wait......
Loading......
.....

Voila......!!!, perangkat komputernya mendapatkan IP Address 192.168.1.101.
Saya coba-coba mengubah nilai yang ada pada gambar 1.2, menjadi 192.168.1.50 hingga 192.168.1.100. Namun tidak ada perubahan sama sekali yang terjadi pada komputer klien. Sepertinya setting di bagian DHCP Server perangkat ZTE ini tidak berfungsi.

Yes, akhirnya masalah terselesaikan... :D :D :D


Untuk port forwarding ZTE F660, silahkan baca artikel Port Forwarding ZTE f660


Update 24 Februari 2016:
Untuk versi lama yang kemungkinan ada Fitur DHCP Conditional Serving Pool bisa mencoba Firmware F660_SIP_V2.30.20P5T4_UPGRADE_BOOTLDR

 Disclaimer: Penulis tidak bertanggung jawab jika terjadi kegagalan perangkat saat update. Risiko tanggung sendiri. Dan saran dari penulis, backup terlebih dahulu firmware lama perangkatnya.

260 komentar:

  1. permisi... tau caranya buka port forwarding untuk modem ini ndak bro..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasa nya ada di Network - WAN - NAT => seting port forward

      Hapus
  2. Balasan
    1. minta bantuan nya dong saya mau ganti paswor wifi saya tp kok saya udah masukin user : ADMIN pasword nya pun sama ADMIN tp kok ga bisa masuk trus malah muncul eror

      Hapus
    2. pakai huruf kecil semua udah agan coba?:
      admin


      Hapus
    3. Minta bantuannya om. Sudah dimasukin ADMIN maupun admin untuk username dan password, masih tetap tidak bisa.

      Hapus
    4. username & passwordnya: user

      Hapus
  3. Bisa ga ya Gan, sett modem gpon dibuat bridging..???
    Thanks...
    Salam....

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana caranya gan? ane uprek2 di setting webnya gaada petunjuk. apa harus setting via terminal? mohon petunjuknya suhu...

      Hapus
    2. Setahu ane, harus di-setting sama provider fiber optik-nya gan.

      Coba baca disini gan:
      http://www.kaskus.co.id/thread/512e3320611243653a000006/ask-setting-mikrotik-dengan-modem-zte-zxa10-gpon-speedy

      Hapus
    3. Sorry Gan numpang nanya juga kalo mau di setting jadi ADSL bisa juga gak ya...? terima kasih Gan

      Hapus
    4. Sepertinya alat ini gak punya port ADSL gan...
      Ntar ane coba lihat dulu, mana tahu ada port adslnya.

      Hapus
  4. Bro knp ya via wifi tidak bisa konek internet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah coba ping ke google atau dns google, Bro?...

      Coba periksa di bagian Network->DHCP Port Service, apakah bagian SSID-nya dicentang. Kalau dicentang, hilangkan centang lalu simpan.

      Hapus
    2. Kalo di ping ke google & DNS google dari PC reply gan (LAN), cuma kalo dari mobile (WLAN) RTO, kalo di ping ke modemnya dari mobile Reply. Masalahnya koneksi internetnya kaya yg ga ke share kalo via WiFi, di modem ane pake SSID1 yg aktif, di port service SSID1 (enable/tidak di centang) kalo yg lainnya di centang sengaja biar ga aktif DHCP servernya.
      Ada solusi lain mungkin gan?

      Hapus
    3. agan dapat ip dari WiFi-nya berapa gan?...
      kalau masih satu subnet dengan ip modem, coba ping ip modem atau coba buka modem dari perangkat yang konek ke WiFi.

      Kalau belum bisa, coba pindahkan ke SSID yang lain gan.

      Hapus
    4. Ane dapet 192.168.1.201 di clientnya gan.
      Sebenernya di menu LAN -> DHCP Server menurut ane ga ngaruh ip DHCP server nya, yg dipake di menu IP -> DHCP Conditional Serving Pool. Kalo di ping mobile ke modem reply gan. Ane sudah coba pake SSID2, SSID3, SSID4 masih sama gan ga bisa konek internet. Cuma kalo ane ping ke DNS Google (8.8.8.8) pesannya packet filtered.

      Hapus
    5. IP Client sama Modem masih satu segment, ane pake ip default modemnya 192.168.1.1 gan, kalo untuk client ane set IP 192.168.1.201 - 192.168.1.205

      Hapus
    6. Ane curiganya di perangkat mobile-nya ada setting yg salah. Udah agan pakai perangkat lain seperti laptop tuk koneksi ke WiFi-nya?...

      Kalau bisa ping ke modem, seharusnya bisa koneksi internet kecuali DNS-nya salah.

      Hapus
    7. Gan masalahnya udah ketemu, ternyata selama ini ga konek bukan karna settingan wifi nya. Ternyata sama telkom di setting bridge modemnya, emang kalo di modem ga ada pilihan settingan bridge cuma PPPoE, kebetulan tadi teknisinya dateng trs ane tanya. Pantesan aja ga konek2 internet. Makasih banyak gan :)

      Hapus
    8. wah saya juga punya masalah sama nih sama modem zte f660, ip sering konflik dan wifi tak mau konek, kalau setting bridge harus dari telkom atau bisa dari modem langsung ya?

      Hapus
    9. harus di setting dari pihak jaringan telkomnya gan.. coba lihat infonya: http://www.kaskus.co.id/thread/52a2d057fcca174a0300009c/tanya-cara-setting-modem-zte-zxa10-f660

      Hapus
  5. numpang nanya gan,.., ane pernah rubah ip yang di LAN dari ip 192.168.1.1 jadi 192.168.2.1 malah ka bisa konek internet.,., udah di reset juga tetep aja,.., mohon pencerahannya,.., tims.,.,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh... kalau agan reset modemnya, harus agan kembalikan lagi ke settingan yg bekerja. Kalau agan lupa settingannya, agan terpaksa hubungi orang yg setting awal perangkat modemnya.

      Hapus
  6. numpang tanya Gan, ane mo setting DVR CCTV di modem, selain pake DMZ Host, pake apa lagi ya?
    ane mau setting dua DVR dalam satu modem
    modem ane pake ZTEf660
    THANKS...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pakai port forwarding, Gan. Coba lihat di artikel http://belajarotodidak.blogspot.com/2014/03/port-forwarding-di-zte-f660.html .

      Kalau mau buat untuk dua DVR, tinggal buat dua port forwarding lagi. :)

      Hapus
    2. gan, ane mau nanya, kalau internet speed-nya kenceng, downloadnya kenceng, tapi kalau buat upload gak bisa, itu kenapa ya,?

      Hapus
    3. Ada beberapa kemungkinan:
      1. Ada setting yang membatasi upload (kalau menggunakan proxy atau semacamnya)
      2. Kecepatan upload yang rendah. Misal kalau menggunakan speedy, upload hanya 10 KB untuk paket 1 Mb.

      Hapus
    4. Da sukses gan kemarin set nya, kita set di router dengan ip si DVR nya, then di modem nya sendiri di set ip si router nya. done...

      Hapus
  7. tanya gan, cara reset password di f660 gimna ya? defaultnya kan admin admin, nah ini dah dirubah tpi gak ada yg tau, pada lupa gan, ada solusi kah? dah ane coba reset ttp gk bisa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau meresetnya, setahu ane harus ditekan beberapa detik (minimal 3 detik) di tombol resetnya gan.

      Hapus
  8. Boss, apakah bisa dipasang lebih dari satu extender, kalau bisa apakah ada settingan khusus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Boss, ane gak ngerti extender itu apa....

      Hapus
  9. extender = range expander
    untuk menambahkan area cakupan signal wifi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu ane gan, gak ada setting khusus untuk extender. Hanya saja, tempatnya kan cuma dua (kalau saya tidak salah) jadi gak bisa lebih dari dua itu.

      Hapus
  10. gan, tau caranya pake usb slot nya buat file sharing gan?

    BalasHapus
  11. cara aktifin wifi nya gimana gan ? thx b4 :)

    BalasHapus
  12. mohon bantuan gan ni modem sy lupa pass tuk masuk settingan modemnya..tu ada cara khusus atou meng hack pass nya g..supaya bisa masuk n login lg..ini sy lupa...supaya g datangkan teknisi dari telkom kl di reset ilang semua data di modem nya..thank

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pakai
      username: user
      password: user

      Hapus
    2. @ joielechong sipayung
      saya dah coba pakai usernama : user n pass : user.itu bisa masuk tp kendalanya ada bebrapa settingna yg tdk bisa kita setting.kayak ke blok gitu.hanya sekedar lihat aja gak bisa di utak-atik gitu...

      Hapus
    3. ane kemarin bisa, tapi hanya untuk ganti password adminnya. Baru setelah ganti password admin, login kembali.

      Hapus
  13. Mohon petunjuk nya gan, ane ga bisa masuk default address nya ztef660, trus ane cek ipconfig ternyata default gateway nya kosong, yg ada autoconfiguration ip address sama subnet mask, nah cara masuk ke setting routernya gimana ya? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya untuk alamat default modem 192.168.1.1 atau 192.168.1.254. Kalau gak bisa, coba lihat ip agan, lalu ubah belakangnya jadi 1 atau 254. Kalau gak bisa juga coba pakai tracert.

      Hapus
  14. Gan mau tanya, saya kan baru berali ke fiber, nah modemnya diganti jadi zte f660, saya mau tanya settingan yg bener buat modemnya gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setting awal biasanya dari provider gan.
      untuk setting lain seperti dhcp dan port forwarding yang bisa agan ganti.

      Hapus
  15. gan mau tanya, ni saya habis pasang baru ASTINet terus gimana caranya internet nya bisa dipakai di beberapa clien komputer apa harus nambah router atau cukup dengan setting modem ZTE F660 bawannya telkom, soalnya saya coba dari modem tarus ke hub swit masuk ke clien kok gak bisa konek ya internet nya, apa yang harus saya setting dari modemnya, mohon penjelasanya,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan harus ubah settingan dhcp di modem untuk jaringan yang terkoneksi melalui hub/switch agan. Ubah nilainya di Network-> LAN->DHCP Conditional Serving Pool seperti pada artikel ini.

      Sesuaikan nomor Port LAN nya dengan port yang terhubung ke hub/switch agan.

      Hapus
    2. berarti tanpa pakai router pun bisa ya gaaan,.??

      Hapus
    3. udah bisa gaan tapi internetnya kok gak bisa konek ya gaan,...???

      Hapus
    4. coba restart dulu modemnya gan.
      Kalau masih belum konek juga, coba ping ke google. Lihat pesannya gan.
      Kalau RTO, kemungkinan ada setting dns yang salah.

      Hapus
    5. setting dns itu disesuaikan dengan ip internetnya apa bisa diganti dengan ip yang lain gaan

      Hapus
    6. biasanya ane pakai dns google gan.
      8.8.8. atau 8.8.4.4

      Hapus
    7. terus untuk bisa dipakai di beberapa clien komputer gmn gan,,???

      Hapus
    8. biasanya client mengikuti dns modem secara otomatis gan. Kecuali agan menentukan ip manual.

      Hapus
  16. gan mau tanya, gue kan baru pasang ZTE F660 dari mnc, nah kantor gue yang make itu wifi lebih dari 10 orang, dan sebentar2 disconnect gan, itu kira2 kenapa ya?
    mohon pencerahannya
    Terima Kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud agan disconnect dari WiFi?
      Banyak faktor gan.
      Bisa karena maksimum pengguna yang agan buat di range dhcp pool lebih sedikit dari pengguna yang ada. Ini dikarenakan pengguna yang 10 orang bisa memakai 20 koneksi jika dihitung masing-masing memiliki komputer dan smartphone.
      Atau bisa karena tegangan listrik yang turun naik ke perangkat. Atau juga bisa karena colokkan fo yang longgar.

      Coba agan ping dari console untuk beberap saat sesuai jarak waktu diskoneksi yang pernah terjadi.

      Periksa juga apakah komputer pengguna bebas dari virus atau tidak, karena bisa berpengaruh juga kepada jaringan agan.

      Hapus
    2. kemaren ini ane tanya sama teknisi telkom...
      katanya dari modem dibatasi cuma bisa 10 device... emang settingan modemnya yg ga bisa di utak atik lagi....
      kayaknya harus tunggu ada firmwire perbaikan dari ZTE...
      ga tau bener apa gak...

      Hapus
    3. Kalau perangkatnya cuma bisa 10 device, berarti bisa dibilang perangkatnya cacat atau rusak gan. Minta ganti aja dengan perangkat yang lain. Karena setahu ane perangkat sejenis zte ini ada 3 model yang dimiliki telkom.

      Tapi ane sebenarnya meragukan kebenaran dan kemampuan teknisi telkom juga gan. Soalnya ane pernah magang di divisi jaringan speedy, jadi tahu sedikit banyak ketidakmampuan mereka.

      Hapus
    4. Memang secara default dibatasi 10 user. Kalau mau lebih dari 10 user, tinggal ubah aja range IPnya. Network-->LAN-->DHCP Conditional Serving Pool. Pada bagian SSID1, ubah aja default rangenya. Misal Start IP Addressnya 192.168.1.41, End IP Address jadi 192.168.1.80. (40 user)

      Hapus
  17. tanya gan,,
    kan di kantor ane sebelumnya pake modem adsl trus disambung ke router buat wifi, nah sekarang udah ganti ke fo,nah kalo mau bikin wifi pake routernya kan harusnya tinggal colok aja kan gan?soalnya ip defaultnya sama 192.168.1.1,setalah ane colokin, jadi tu wifinya gan, tp yg jadi masalah tu kenapa sebagian pc/laptop kalo mau wifi.an harus masukin ip manual?kalo dibuat otomatis jadinya limited acces, ini kenapa ya gan?mohon pencerahanya gan , , ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya settingan ip-nya gan. Coba cari di bagian Network-> LAN->DHCP Conditional Serving Pool. kemudian buat range ip-nya.

      Hapus
    2. gan ZTE F660 saya kok tidak ada DHCP Conditional Serving Pool ya, knp ya gan?

      Hapus
  18. dari modem f660 ini, saya membagi internet dengan 16 lubang port krna dibagi pengguna kamar kos. lalu dikamar saya coba colok dengan td-w8951nd dengan harapan bisa share internet buat laptop dan gadget lainnya. tp kenapa ya, cuma bisa 2 device yg terhubung dengan wifi td-w8951nd?

    maaf klo blepotan.. mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan agan setting perangkat td-w8951nd-nya manual. Coba buat agar perangkat agan tersebut otomatis mengenal ip f660. Kemudian WiFi dari perangkat td-nya dibuat dengan kelas ip sendiri.

      Hapus
  19. permisi gan, cara balikin user dan pass yg uda di ganti gmna? masalahnya saya lupa.. tks gan

    BalasHapus
  20. mau tanya bang gimana cara setting wifi zte-f660 untuk membatasi client, maksud saya client yang terdaftar saja yang bisa masuk ke wifi saya, karena cuma batasi jumlahnya orang lain masih bisa msuk... tolong bang petunjuk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. network - wlan,
      - access control list,
      pilih SSID yang digunanak .
      mode : permit kemudian isikan mac addess client yang mo didaftarin

      Hapus
  21. thanks agan bro... amat sangat membantu sekali

    BalasHapus
  22. gan bagaimana cara membatasi range jarak di router zte-f660, serta cara control jarak jauh om, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cara batasi range kayaknya gak ada gan, memperluas range yang ane tahu.
      Agan mau kontrol apanya gan?... routernya?. kalau routernya tinggal akses dari ip publiknya bisa atau pakai ddns.

      Hapus
    2. Kalau cara batasi range kayaknya gak ada gan, memperluas range yang ane tahu.
      Agan mau kontrol apanya gan?... routernya?. kalau routernya tinggal akses dari ip publiknya bisa atau pakai ddns.

      Hapus
  23. gan di ane koq ga ada settingan DHCP Conditional Serving Pool...?
    dulu ada,ane pernah ganti yg LAN 1, dari 192.168.1.1 - 10
    ganti sampai 20....

    skrg lagi mau ganti2 settingan lagi koq ga keluar yah menunya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin agan aksesnya pakai user biasa. Coba pakai yang admin gan.
      atau coba restart ulang perangkat.

      Hapus
    2. Iya bos sama seperti ane jg...gak muncul DHCP Conditional Serving Pool nya...gmna yah gan?

      Hapus
    3. Mungkin perangkatnya udah diupdate gan.
      Coba lihat versi softwarenya, punya ane yang kemarin versi V2.30.20P3T5H.
      Kemungkinan sudah pindah letak settingnya gan.

      Hapus
    4. klu di ZTE F660 V2.30.20P8T8S letaknya dimana gan>>>mohon pencerahannya

      Hapus
    5. harus downgrade software modem bos.......
      cantumin alamat email, ntr sy kirim....

      Hapus
    6. Cek Email Bos...

      Hapus
    7. Bagi ke ane juga gan.. isnotmenow at gmail dot com

      Hapus
    8. Gan, kirim ke email ane juga dong. Perlu banget ni.
      mecinjak@yahoo.co.id

      Hapus
    9. ane juga gan sama V2.30.20P8T8S
      kirim versi yg ada menu DHCP conditional serving pool
      ke
      gue24goens@gmail.com

      Hapus
    10. gan ane juga boleh minta firmware nya...modem ane sama kg ada menu DHCP Conditional Serving Pool nya kirim ke sini ya gan ejum05 et gmail dot com..thanks

      Hapus
    11. bos, boleh minta update software nya, fauzi.rm@gmail.com

      Hapus
    12. bisa kirim framewarenya kirim ke saifulbahri11111@gmail.com

      Hapus
    13. bisa kirim framewarenya kirim ke lubukpakam57@gmail.com

      Hapus
    14. Ane sama gan ZTE F660 saya kok tidak ada DHCP Conditional Serving Pool V2.30.20P8T8S
      global_net_jambi@yahoo.com
      Terima kasih

      Hapus
    15. Coba pakai versi firmware yang lama gan, ada di update artikel di sini.

      Hapus
  24. Boss numpang nanya cara jarak jauh wifi nya gmn ?

    BalasHapus
  25. Boss numpang nanya cara jarak jauh wifi nya gmn ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud jarak jauh WiFi gimana gan?...
      akses jaringan atau akses remote ?

      Hapus
  26. Gan mau tanya laptop ane udah menerima IP dari modem ZTE tapi kok masih limited kenapa ya gan? mohon pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ip yang didapat 169.254.x.x ya ? , Jika iya, artinya ip tersebut bukan dari DHCP

      Hapus
    2. https://www.youtube.com/watch?v=MOSfK_LovtI

      Hapus
  27. ini ada videonya...
    https://www.youtube.com/watch?v=MOSfK_LovtI

    BalasHapus
  28. Hi

    Saya pengguna indihome fiber. Sejak bbrp hari yang lalu 2 laptop saya cuma bisa browsing tp kalau mau download apapun dari software sampe torrent tidak bisa.tulisannya unable.... Sudah coba matikan modem wifi, ganti browser tetap tidak bisa. Sementara 2 handphone tidak masalah untuk browsing dan download

    BalasHapus
  29. gan ane pake zxa10 f660 indihome,kok klo bwt iphone koneksi kewifinya sering putus2 ya,n udh dibetulin teknisinya katanya emang klo bwt iphone gitu koneksinya,apa emang betul gitu

    BalasHapus
  30. Gan, ZXA10 F660 ada fitur bandwith controller gak?

    BalasHapus
  31. gan, saya baru beralih ke indihome dengan modem zte zxhn h108n sebelumnya saya memakai speed dengan modem tplink. Masalahnya kenapa setelah ganti modem zte ini, saya tidak bisa melihat cctv saya dr luar lagi. padahal untuk settingan dmz sdh saya samakan dengan modem tplink yg lama. selain itu saya juga coba memakai fitur virtual server, tetapi tidak berhasil juga. apakah virtual server sama dengan ip forwarding ?

    BalasHapus
  32. ssid 1 kena centang hide truz submit jd g bisa masuk kebrowserx gan? mohon solusix

    BalasHapus
  33. mau tanya, kenapa ya klu misalnya internet sering RTO dan limit trs??? walaupun tdk ada pengguna tetap jg kadang2 muncul RTO dan pingx gede2, ada solusi?
    (paket speedy yg FO dan modem zte f660)

    BalasHapus
  34. permisi gan kalau di modemnya muncul permasalahan lam[u kedap kedip merah di bagian tulisan LOS artinya apa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kemungkinan masalah di jaringan fiber optiknya atau kabel jaringan fo nya bermasalah gan.
      Coba cabut lalu pasang lagi gan.

      Hapus
  35. Kalau setting printer jadi printer wireless gimana caranya? Printer saya FX DocuPrint CP105.
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau via setting di perangkat ZTE-nya ane belum pernah nyoba gan. Tapi sebenarnya agan bisa print via WiFi seperti sharing printer biasa.

      Hapus
  36. Mas mau nanya.. Baru make ini modem... ada sedikit masalah..
    win xp bisa internetan tapi ga bisa konek ( share ) sama win 7 via lan.. padahal sebelum make ni modem lancar2 aja.. ga pernah kya ini.. nah apa ada setting tertentu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya gimana Gan, apakah share dari win 7 ke win xp atau sebaliknya.
      Kalau dari Win 7 biasanya tuh karena firewall di Win 7-nya aktif gan. Coba agan matikan lalu test share lagi.

      Hapus
  37. Gan,
    Ente pernah coba engga, untuk memperluas signal wifi ZTE F660 dengan wifi extender.
    Ane punya kasus aneh, ZTE F660 ane Extend signal wifinya menggunakan Wifi Extender tetapi device yang konek ke wifi extender tidak dapat IP dari ZTE F660.
    Tetapi kalau ane masukkan IP Statis, device tsb dapat browsing dengan lancar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane gak pernah makai WiFi extender untuk ZTE ini gan. Yang pernah ane coba extend perangkat WiFi lain. Waktu pakai perangkat lain ini, masalahnya biasanya diseputar settingan aja gan.

      Hapus
  38. Selamat pagi Mas...
    Saya sudah menggunakan indihome telkom selama 1 minggu. Namun saya ada masalah sejak dari awal pasang laptop saya limited acces tapi kadang2 bisa. Sementara pc,laptop,smartphone lain lancar2 semua (tidak pernah limited access)
    ini kenapa ya gan?mohon pencerahanya gan , , ,
    Note:
    1 modem dari telkom Huawei HG8245A
    2 Settingan ip-nya dibuat otomatis untuk semua pc,laptop termasuk laptop saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada setingan DHCP nya langsung aja atur range IPnya ntr langsung otomotis

      Hapus
  39. Gan ane mau tnya ane baru pasang FO di kantor skrng pake modem fiberhome..
    Tapi skrng jaringan antara local ga mau sya manggil ip yg diserver ga mau.

    Gmana caranya jaringan local juga bisa di akses terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan jaringan lokal agan clientnya bukan dhcp. Seperti kasus yang pernah saya alami juga, server yang ada di jaringan lokal ternyata sudah diset dengan ip statis yang beda kelas dengan ip dinamis yang diberikan modemnya.

      Hapus
  40. Mas, bisa beripenjelasan tetang ip publik saya setiap restar atau mati lampu selalu berubah2, sy pakai roter zte f660 dan sangat mengganggu utk remote jarak jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu berarti agan gak dapat ip publik atau ip yang statis. Yang agan dapat dari provider agan itu ip dynamis. Agan bisa menghubungi provider internet agan supaya diberi ip publik yan statis. Atau agan juga bisa menggunakan free ddns dari no-ip.com atau dnydns.com atau semacamnya agar agan bisa remote memakai alamat tanpa perlu pusing makai alamat ip.

      Hapus
  41. Bagi alamat n no gp nya dunk saya mau kursus

    BalasHapus
  42. Saya punya 2 pc yg terhubung ke zte f660 dua duanya internet lancar.. Bagaimana carana agar bisa share antar pc spt LAN ? Ip 192.168.101 dan 192.168.21... Help... Thanks

    BalasHapus
  43. Saya punya 2 pc yg terhubung ke zte f660 dua duanya internet lancar.. Bagaimana carana agar bisa share antar pc spt LAN ? Ip 192.168.101 dan 192.168.21... Help... Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mudahnya buat netmasknya bukan untuk kelas c gan, bukan 255.255.255.0. Agan bisa pakai netmask 255.255.0.0 gantinya. Dengan netmask ini, maka range ip agan bisa dari 192.168.0.xxx sampai 192.168.255.xxx.

      Hapus
  44. Gan mau nanya klo mau pasang limit bandwitch sama tampilan login saat ngakses internet gimana caranya, hrskah pake mikrotik rb750? Apakah dr modemnya bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan harus pakai router unuk ngelimit bandwith karena f660 cuma bekerja sebagai modem router umumnya tanpa ada fitur lain. Agan bisa pakai mikrotik atau linux ClearOS. Pakai linux lain juga bisa gan, cuma lebih repot.

      Hapus
  45. Min... Numpang nanya donk... kalo LOS(lampu warna merah) nyala itu penyebabnya apa yaa..??? harus diapain Min... mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Los Itu Optic nya bermasalah gan ....kalau disisi GPON nya seperti ini statusnya :
      PROVIDER#sh gpon onu state gpon-olt_0/1/1 4
      OnuIndex Admin State OMCC State O7 State Phase State
      ----------------------------------------------------------------------------
      gpon-onu_0/1/1:4 enable disable unknown LOS
      semoga membantu

      Hapus
  46. Sorry Min sepertinya pertanyaan keluar jalur.. tp ya kalo admin tau tolong donk solusinya... thx min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar jaringan dari providernya yang bermasalah Min.

      Hapus
  47. klo untuk melihat statistic pemakaian setiap user lewat menu mana ya min..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seingat ane gak ada Min karena f660 bukan router full feature kayak mikrotik atau clearOS atau semacamnya Min.

      Hapus
  48. DHCP Conditional Serving Pool di modem saya tidak ada gan, bisa bantu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kek punyaku Gan !! Terus kalo conect LAN keambil di 192.168.1.1 .. jadinya gak bisa login ke Modemnya !!

      Hapus
  49. ini ada videonya gan..
    https://www.youtube.com/watch?v=MOSfK_LovtI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gan mungkin video anda bisa solve problem saya
      Tapi masalahnya di bagian LAN tidak ada bagiam DHCP conditionin pool nya gan yg bisa modify ip nya gan
      Cara memunculkannya bagaimana gan?

      Hapus
  50. Modem Zte yg dijual ada yg type ZXHN F660? soalnya mau nyari yg Lan gigabit, klu ZXA10 maih 100Mbps LAN.nya

    BalasHapus
  51. Numpang tanya gan
    modem zte zxa10 f660 cara memperluas sinyalnya gimana ya?
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai antena yagi gan, atau pakai WiFi extender kalau mau memperkuat per bagian bangunan.

      Hapus
  52. gan numpang tanyaa ni, kalo modem zte kia itu bisa kita kontrol gak gan? misalnya saya mau memblock ip seseorang yg tidak saya kenal di modem saya itu? gmana ya gan caranya, udah coba blajar nyari2 cara tpii blm dapet, mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu ane bisa gan, tapi lupa gan di bagian mana. Mungkin di bagian security atau application

      Hapus
  53. pengen nanya gan
    ane kan baru pasang indihome nih modemnya dari telkom merek ZTE
    nah ane kan mau pasang router wireless tuh buat kenyamanan rumah ane sendiri tapi pas ane setup gak bisa
    ane pake router linksys E1200
    kalo pake modem speedy lama sih bisa gan
    tapi kalo pake modem indihome nih bermasalah pas setup
    mungkin agan bisa bantu
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. router linksys e1200 nya gantikan ZTE maksudnya gan?
      atau maksud agan linksysnya konek ke ZTE lalu berfungsi sebagai WiFi yah? kalau sebagai WiFi coba agan setting dulu ip rangenya seperti di halaman ini.

      Hapus
    2. Iya gam linksys konek ke ZTE lewat kabel LAN
      Oke gan nanti ane coba trims ya

      Hapus
  54. Ane punya kasus ni di modem zte f660, dimodem tsb ada 4 port lan, port1&port2 lancar jaya, inet sma sharing file jg printer, tp knpa di port3&port4 cm bs inetan ajh ya, ga bs buat sharing file&print, ganti kabel udh, sglama macem dh di coba tp ttp ajh sharing file&print nya ga jalan,mumet ane.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di port1&port2 ping ke google dan ip local nya reply, tp saat di port3&port4 angot2an ping ke google dan unreachable ping ke ip local,....mohon pencerah nya!?

      Hapus
    2. Di port1&port2 ping ke google dan ip local nya reply, tp saat di port3&port4 angot2an ping ke google dan unreachable ping ke ip local,....mohon pencerah nya!?

      Hapus
    3. kemungkinan belum diaktifkan gan. Seingat ane ada pilihan centang untuk aktifkan port 3 dan 4.

      Hapus
  55. gan solusi koneksi modem f660 punya indihome kok putus putus ya di iphone ...
    solusi dong trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ini ane gak tahu gan. Gak pernah nyoba ipon.

      Hapus
  56. numpang nanya gan.. abang saya baru nih pake zte f660, trus dia mau pake mikrotik tpi ktanya harus ada sett dri teknisi telkom. dengar" sih bisa pake software tapi pada ribet.. ada ngak software buat ngatur client wifi yang gak ribet ? udah nyari" di mbah google tpi pda ribet... mohon bantuannya gan... trimz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seingat ane, agan bisa minta set dari fiber optiknya supaya dibuat jadi bridge di zte f660. Terus tinggal setting mikrotiknya.
      Alternatifnya bisa pakai ClearOS atau Linux gan, tapi agan perlu perangkat komputer tambahan untuk mereka.
      Namun intinya, agan mesti minta setting modem ztenya dan FO-nya juga dari telkom gan.

      Hapus
  57. min,ane pake zte f660 sebagai modem trus unify sebagai router wifi. tapi ga bisa konek internet, klo dns nya diisi dns google baru konek internet. pc sama hp gitu harus diisi dns google dulu. apa ada yang salah setting di modem atau router ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dns di zte atau unify belum agan masukkan.
      Coba koneksi langsung ke zte-nya dan ping atau tes internetnya. Kalau bisa, coba kemudian hubungkan unify-nya lalu tes internetnya.

      Hapus
  58. Gan modem wifi id ane itu pernah saya lepas kabel lan tanpa saya matiin trus waktu ane pasang lagi itu error code 1302 ..... trus anee serching di google ....trus udah bisa....waktu ane gunain wifi nya kok jadi lemot...ane coba download kecepatannya kisaran 30kbps padahal biasanya 1mbps

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana cara ngatasinnya gan.mohon bantuanya&terimakasih?

      Hapus
    2. Gimana cara ngatasinnya gan.mohon bantuanya&terimakasih?

      Hapus
  59. Gan modem wifi id ane itu pernah saya lepas kabel lan tanpa saya matiin trus waktu ane pasang lagi itu error code 1302 ..... trus anee serching di google ....trus udah bisa....waktu ane gunain wifi nya kok jadi lemot...ane coba download kecepatannya kisaran 30kbps padahal biasanya 1mbps

    BalasHapus
  60. Agan ada ubah-ubah sesuatu?...
    kalau ada, baiknya dikembalikan lagi seperti awal.
    Kalau dimatikan dulu semua udah agan coba kah?

    Biasanya gak ada pengaruh ke kecepatan. Berdasarkan pengalaman ane, biasanya kecepatan turun disebabkan beberapa hal:
    1. Jaringan dari providernya melambat
    2. Banyak pengguna, bisa berupa pengguna yang 'numpang' alias nyolong.
    3. Modemnya error, bisa karena kepanasan atau sudah waktunya 'game'.

    coba agan matikan dulu semua (modem dan perangkat jaringan yang terhubung lainnya), kira-kira 5 menitan, lalu hidupkan kembali. Kemudian cek ulang.

    BalasHapus
  61. salam om
    ane lagi pasang speedy indihome,10mb dapat modem zte xzhn f609 gpon ont, itu kan ada 4 lan, lan yg ke 4 untuk internet, saya mau pake lan 1,2,3 untuk internet, ni mau share ke komputer lain dari lan 2, dan lan 3 gmna carane om mengkoneksikannya. kgak bisa, mhon dibantu. swun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane punya pertanyaan yg sama nih gan.
      gimana ya caranya internetan lewat port lan 1,2,3 tsb (menggunakan kabel LAN).


      Pertanyaan tambahan :

      1. Kabel LAN yg dipake itu jenis STRAIGHT atau CROSS ?
      soalnya setau ane itu pake jenis straight (yg sama persis urutan kabelnya).
      kabel tsb udah ane tes juga pake alat LAN Tester, normal gak ada masalah.
      pas ane colok tapi gak bisa connect. ping ke IP modem (192.168.1.1) juga gak bisa).

      fyi, setting IP di PC (TCP/IPv4) udah di buat jadi :

      Use the following IP address :
      IP address : 192.168.1.11
      Subnet mask : 255.255.255.0
      Default gateaway : kosong

      Use the following DNS server address :
      Preffered DNS server : kosong
      Alternate DNS server : kosong

      Apa ada settingan yg lain ya?


      2. Di settingan modem bagian Network -> LAN.
      gak ada pilihan "DHCP Conditional Serving Pool"
      fyi, di bagian Status -> Device information -> Software Version V2.30.20P8T8S
      Ane liat kmentar agan admin sebelumnya pake versi V2.30.20P3T5H.
      Apa versi software ane ini emang gak ada settingan "DHCP Conditional Serving Pool" ???
      Bagaimana cara liat settingan itu di versi ane (V2.30.20P8T8S) ?


      Maaf banyak tanya gan, ane bener2 newbie dalam hal beginian.
      Mohon pencerahannya.
      Trims

      Hapus
    2. Udah solved.

      Ternyata Default gateaway di PC harus di isi (ga boleh kosong) pake IP so modem (192.168.1.1)
      terus di bagian network connection PC (pojok kanan bawah layar), nongol no internet access. Abis itu ane troubleshoot dari win7 nya.
      Disuruh fix DHCP LAN bla bla bla (lupa apaan tadi).
      Next next next.
      Berhasil sekarang internetan

      Hapus
  62. mohon petunjuk cara setting modem zte f660, untuk stb nya usee tv, krn modem saya ke reset shg usee tv tdk bisa connect

    BalasHapus
  63. Gan.. Mohon petunjuk..
    Zte f660 ane nyala..indikator PON, POTS1, POTS2, WLAN nyala tapi gk ke detect di pc maupun di hp kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ssidnya Wlan belum agan aktifkan. Coba cek apakah settingannya hidden atau enggak

      Hapus
  64. Ane mohon bimbingannya donk agan semua...
    Jadi ane dirumah udah pasang gpon dengan modemnya zte f660.. Kondisinya normal aja... Tapi ane pengen memperluas jaringan lagi.. Disini ane punya modem fo merk alcatel lucent... Nah maksud ane kek gmn settingnya kedua modem tersebut?? Jdi biar modem yg alcatel jga bisa broadcast sinyal wifi sendiri.. Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau modem alcatel lucentnya dijadikan hotspot pakai kabel, cari port "internet" atau "global" gan, lalu masukkan kabel keluaran dari port lan ztef660. Kalau dari WiFi ke WiFi, yang fungsinya untuk memperluas jaringan WiFinya atau istilah WiFi extender, agan harus cek dulu apakah ada fitur WDS-nya (biasanya ada kalau perangkat terbaru). Kalau ada, agan bisa pakai modemnya sebagai extender. Agan harus baca manual booknya karena setiap modem memiliki cara yang berbeda untuk mengaktifkan fiturnya.

      Hapus
    2. Ane udah coba colokin kabel lan dri modem alcatelnya... Ane cobain di port 1-3... Trs di colokin dg bantuan kabel lan k modem zte... Ane dah coba seting IPnya jga... Tpi tetep kagak mau konek internet modem alcatelnya... Klo fitus wds di kedua modem ada koq gan... Punya solusi kagak gan??

      Hapus
    3. Ane udah coba colokin kabel lan dri modem alcatelnya... Ane cobain di port 1-3... Trs di colokin dg bantuan kabel lan k modem zte... Ane dah coba seting IPnya jga... Tpi tetep kagak mau konek internet modem alcatelnya... Klo fitus wds di kedua modem ada koq gan... Punya solusi kagak gan??

      Hapus
    4. pertama, coba dulu gan apakah agan dapat ip dan bisa koneksi jika sambung kabel lan dari port lan-nya terhubung ke komputer agan. Kalau berhasil, lanjut ke tahap kedua.
      Kedua, hubungan port lan dari zte ke port global/internet alcatel.
      Ketiga, cek dari settingan alcatelnya apakah ada dapat ip. Agan harus ceknya dari koneksi WiFi ke komputer/laptop.

      btw, modem alcatelnya yang tipe apa gan? bisa bagi tahu biar ane coba cari pengaturannya dari google juga.

      Hapus
    5. modem alcatel ane I=240W-A gan...
      itukan g kek modem biasanya ada colokan Wan.. nah ini kagak ada gan.. adanya colokan lan dan optical... makanya ane coba colokin modemnya antar lan aja...
      mohon sekali bimbingannya gan..
      makasih

      Hapus
    6. sepertinya gak bisa gan. Coba baca ini untuk lebih memastikannya http://forums.whirlpool.net.au/archive/814956 (Cari kata-kata dumb switch)

      Hapus
  65. Bos port 80 di port fordwarding gk bisa di bukak bahkan saya cek di noip.net cek port tool port 80 tidak terdeteksi jadi modem gk bisa di akses jarak jauh itu kenapa

    BalasHapus
  66. Bos port 80 di port fordwarding gk bisa di bukak bahkan saya cek di noip.net cek port tool port 80 tidak terdeteksi jadi modem gk bisa di akses jarak jauh itu kenapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Port 80 itu port http gan. Jadi harus terbuka. Coba agan cek dari local. Mungkin ada firewall atau sesuatu di jaringan agan.

      Hapus
  67. ada yang ngerti untuk menambah mac address untuk di jadikan QoS atau apa lah gitu??

    BalasHapus
  68. Tanya mas... iniy modem indihome Zte F609 cara ganti password yang dari telnet bagaimana... trims ( maksud ane yang login: root, pass: Zte521) trims

    BalasHapus
  69. numpang tanya mas Bro, saya pakai play media fiber optik modem zte f660, apakah bisa di pasang mikrotik??kalau bisa harus beli yg seri apa mikrotik nya klo buat yg fiber optik..terimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, setahu ane pakai mikrotik apa aja bisa. Tinggal setting modem zte f660 jadi bridge, sekalian minta setting dari providernya biar di jaringan optiknya disesuaikan juga.

      Hapus
  70. min kalau mau block mac address tertentu supaya tidak bisa internet bagaimana setting nya?

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gak salah ada di bagian security min.

      Hapus
  71. Om2 saya mau nanya, saya baru2 ini langganan indihome fiber, sebelum langganan indihome fiber saya memakai modem tp link dan saya share jaringgannya melalui radio wireless airgrid m5hp, tetapi setelah memakai indihome fiber , radio tadi tidak bisa berfungsi , ada yg tau ? Atau ada yg mau di setting ? Terima kasih gan ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus disetting ulang gan. Setting ulang di bagian airgrid-nya.

      Hapus
  72. Tanya
    kan wifi Zte f660 punyaku itu pake password untuk masuknya
    tp ada tau password-nya, nah ip orangnya itu mau aku disable/no internet akses

    nah gitu caranya gimn?

    BalasHapus
  73. Gan cara seting/block agar aplikasi Utorrent atau IDM tidak bisa dipakai ?
    saya menggunakan modem ZTE f660.

    BalasHapus
  74. numpang nanya mas,kmarin skolah baru beralih ke speedy indihomm optic dengan modem bawaaan f660.pertama masang kecepatan downloadnya sampek 1mb lebih.setelah bebrepa hari dan downloan file kira2 5 gigaan kecepan downloadnya turun jadi 60-70 kban.kira2 kenapa ya gan?trus gmn cara mengembalikan kecepatan downloadnya?

    BalasHapus
  75. Saya punya NAS Seagate 4 Bay dengan koneksi Gigabit. Pas saya coba koneksikan dengan ZTE F660, transfer file terasa lambat. Ini udah pasti karena bottleneck di ZTEnya (100mbps). Nah, rencananya saya mau pakai router TP-LINK Wireless Dual Band Gigabit ADSL2 Router Archer D7 [AC1750] agar transfer file dg NAS lebih cepat. Yang saya tanyakan, gimana cara konekin/setting dengan modem ZTE nya?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skema jaringannya gimana gan, agan mau agar NAS cepat diakses dari luar jaringan agan atau intranet saja?. Kalau pilihan pertama, agan harus ganti perangkat ZTEnya. Untuk pilihan kedua, TP-LINKnya dibuat untuk apa gan? apakah sebagai WiFi sajakah atau yang lainnya?.

      Hapus
  76. gan mau nanya dong kalau saya mau membatasi jumlah client yang konek gmn ya caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk membatasi jumlah client, agan bisa set maximum range dhcpnya.

      Hapus
  77. mohon pencerahannya gan..
    saya makek indihome fiber kecepatan 10 mbps modem zte f660, nah masalahnya akhir2 ini jaringan lemot bener gan, bukak apapun gak bisa, ncoba ngeping ke 192.168.1.1 lancar gan, tapi ngeping ke ip lain seperti 8.8.8.8 rto dan destination host unreachable terus.. tolong pencerahannya

    BalasHapus
  78. mohon pencerahannya gan..
    saya makek indihome fiber kecepatan 10 mbps modem zte f660, nah masalahnya akhir2 ini jaringan lemot bener gan, bukak apapun gak bisa, ncoba ngeping ke 192.168.1.1 lancar gan, tapi ngeping ke ip lain seperti 8.8.8.8 rto dan destination host unreachable terus.. tolong pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba agan test ping ke ip local yang lain.
      Coba lepaskan kabel jaringan yang lain dan sisakan hanya yang terhubung ke pc agan. Lalu coba ping lagi ke dns google. Kalau tidak bermasalah berarti ada perangkat atau kabel jaringan yang bermasalah.
      Kalau masih bermasalah, coba matikan sementara fitur WiFinya. Kemudian cek ping lagi. Kalau tidak bermasalah, berarti ada user yang jadi beban berat di jaringan WiFi agan.

      Terakhir, jika semua langkah di atas tidak menyelesaikan masalah agan. Berarti sumber masalahnya ada di perangkat zte sampai jaringan fiber providernya.

      Coba restart modem agan untuk lebih memastikannya.

      Hapus
  79. gan saya baru pake indihome fiber kecepatan 10 mbps modem zte f660, saya mo coba untuk usaha warung kopi wifi , gmn y caranya?????????? gaptek banget gan

    BalasHapus
  80. gan saya baru pake indihome fiber kecepatan 10 mbps modem zte f660, saya mo coba untuk usaha warung kopi wifi ,biar setiap penguna beda password gmn y caranya?????????? gaptek banget gan

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda: