Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 28 September 2014

Mengatasi The Panel key is locked Sony 3LCD Projector

by Joielechong sipayung  |  in Tutorial at  Minggu, September 28, 2014

Hari ini saya menjumpai kasus yang belum pernah saya jumpai sebelumnya (Red. Maaf, sengaja berbelit-belit katanya, hehehe). Sewaktu saya sedang mempersiapkan keperluan untuk pelatihan Hotel System di kantor, saya diperhadapkan pada masalah LCD Projector yang tidak mau menyala sama sekali. Hanya lampu indikator yang berwarna oranye yang cuma menyala sedangkan kalau normalnya lampu indikator akan berwarna kuning. LCD Projector yang saya pakai adalah LCD merek Sony dengan tipe Sony VPL-ES3 3LCD.

Awalnya saya berpikir mungkin masalah ada di lampu LCD yang harus diganti. Namun rasa penasaran saya berbicara lain. Dengan logika saya berpikir (logika sama dengan pikiran yah?), kenapa indikator berwarna oranye terus? seharusnya kalau memang lampunya rusak, indikator setidaknya berwarna kuning juga kan?. Berbekal pengalaman saya memperbaiki printer (mungkin teman-teman berpikir apa hubungannya printer sama LCD, kan beda barangnya?. Tidak teman, pikiran saya ini benar karena biasanya manufaktur membuat standar troubleshooting yang hampir mirip untuk berbagai produk elektronik) saya berasumsi mungkin dengan menekan dan menahan tombol ON/Standby beberapa lama maka akan terjadi sesuatu. Ternyata benar, setelah saya melakukannya, proyektornya mulai menyala... Hurray... :D.

Tetapi cerita gembiranya ternyata harus berhenti sampai disini. Setelah proyektor dinyalakan muncul masalah yang lain. Saya tidak bisa menekan tombol menu dan tombol inputnya sama sekali. Selalu keluar pemberitahuan "The panel keys is locked". Saya berusaha menekan-nekan tombol menu dan tombol input bersamaan (pengaruh dari keberhasilan pertama jadi berpikir solusinya mungkin sama juga), tetapi tidak memberikan hasil apapun, tetap mengeluarkan pesan "The panel keys is locked". Aihhhhh..

Dengan bantuan Google, saya mencoba mencari solusinya. Pesan "The panel keys is locked" rupanya berguna untuk mengunci proyektor agar hanya dapat digunakan dengan remote controlnya. Ehhh, remote controlnya tidak ada. Remote controlnya, yang dinamakan remote commander di situsnya, rupanya dijual terpisah. Dijual terpisah tombol remote, baterai, casing, dan sebagainya (Bercanda, hehehe). "Masakan harus beli remote sih?", dalam hati saya berbicara sendiri. Setelah beberapa lama mencari-cari pakai Google, akhirnya saya menemukan solusinya. Solusinya sangat gampang sekali. Dengan menekan sambil menahan tombol menu minimal selama 10 detik maka "The panel keys is locked" akan terbuka. Voila.. Hurray...:D. Cara lain untuk tipe proyektor berbeda dapat dilakukan dengan menekan sambil menahan tombol menu minimal selama 10 detik tetapi terlebih dahulu proyektor dibuat stand by. Untuk membuat stand by dapat dilakukan dengan menekan dan tahan tombol ON/Standby di bagian tengah. Untuk manual Sony VPL-ES3 3LCD dapat didownload di sini.

1 komentar:

  1. ma'ap gan.....sy jg punya masalah ky gtu, merk LCDnya TOSHIBA dan cuma lampu indikatorny yg nyala berwarna Orange tanpa berkedip kayaknya terkunci dan saya sudah mencoba beberapa kali tp tetep ga bisa . mohon masukan lain.
    makasih gan....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda: