Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 17 Oktober 2012

benarkah Combantrin bisa menyembuhkan sakit gigi?

by Joielechong sipayung  |  in Opini at  Rabu, Oktober 17, 2012



Pembahasan sederhana ini ada kaitannya dengan postingan saya sebelumnya tentang "Mitos gigi berlubang disebabkan cacing gigi".

Obat Combantrin yang tergolong pyrantel pamote (di bawah US Pharmacopoeia) atau pyrantel Embonate (di bawah Eropa Pharmacopoeia) ini, merupakan obat pembasmi cacing dalam pengobatan cacing tambang (semua jenis) dan cacing gelang (Ascaris lumbricoides, alias ascarids pada manusia) pada hewan peliharaan seperti kuda, sapi , domba, babi, kucing, anjing, dan banyak spesies lain. Obat ini adalah kombinasi dari pyrantel dan asam pamoat. Beberapa perusahaan obat memasangkan pyrantel pamoate dengan praziquantel untuk cacing pita, dan kadang-kadang febantel untuk whipworms dalam rangka untuk memberikan perawatan yang lebih lengkap untuk parasit usus dalam satu dosis. Jadi obat ini sejatinya merupakan obat cacing. Namun ada pemahaman pada beberapa orang bahwa obat Combantrin ini dapat menyembuhkan sakit gigi karena dalam anggapan mereka obat ini akan membunuh cacing yang terdapat pada gigi.
Saya sudah menjelaskan bahwa argumen cacing gigi tidaklah valid, tidak ada cacing gigi. Jadi kemungkinan ada hal lain dari penggunaan obat ini yang memberikan efek samping 'penyembuhan' sakit gigi.

Ada dua praduga saya tentang 'efek penyembuhan' ini :

  1. Efek samping penggunaan obat
  2. Placebo

Praduga pertama, efek samping penggunaan obat.
Efek yang mungkin terjadi karena mengkonsumsi pyrantel pamote: Mual, muntah, diare, perut / perut kram, sakit kepala, mengantuk, pusing, sulit tidur, atau kehilangan nafsu makan
Dari daftar efek samping ini, saya tidak dapat menemukan satupun yang bisa memberikan 'efek penyembuhan'. Jadi saya menduga bahwa ada efek samping yang belum diketahui dari obat ini yang memberikan 'efek penyembuhan' sakit gigi.

Praduga kedua, Placebo.
Saya lebih menominasikan praduga kedua ini sebagai penyebab 'efek penyembuhan' sakit gigi. Pengguna obat ini, yang percaya bahwa ada cacing gigi yang menyebabkan sakit pada gigi mereka, secara tidak langsung akan menciptakan kepercayaan dalam pikirannya bahwa obat ini akan menyembuhkan mereka, dimana kepercayaan ini semakin diperkuat oleh tingginya tingkat kesembuhan penyakit cacing perut pada pengguna lain setelah pemakaian obat tersebut.

Kesimpulan saya saat ini, Combantrin (pyrantel pamote) sama sekali tidak menyembuhkan sakit gigi.


Sekadar informasi tambahan, Pyrantel pamote ini ternyata dikategorikan sebagai substansi berbahaya berdasarkan OSHA 29 CFG 1910.1200.


Ditunggu saran dan perbaikan dari pembaca...:).



Have a nice day...:D ;)



sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Pyrantel_pamoate
Datasheet Pyrantel Pamoate (Santa Cruz Biotechnology, Inc)
http://www.healthlinkbc.ca/kb/content/drugdetail/hw49694.html
http://www.webmd.com/a-to-z-guides/pyrantel-pamoate-for-the-treatment-of-pinworms
http://www.drugs.com/sfx/pyrantel-pamoate-side-effects.html

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda: