Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 17 Oktober 2012

Mitos Gigi berlubang disebabkan cacing gigi

by Joielechong sipayung  |  in Mitos at  Rabu, Oktober 17, 2012


Wah...wah... dapat lagi mitos terbaru hari ini... Memanglah kalau berada di antara Ibu-Ibu selalu ada aja cerita-cerita baru yang muncul dari antah berantah.

Mitos kali ini: Gigi yang berlubang disebabkan oleh cacing gigi.

Mitos ini sudah berumur lanjut, data yang tertua terdapat pada sebuah teks Sumeria dari tahun 5000 SM yang menyatakan bahwa penyebab karies gigi adalah "cacing gigi" yang mengisap darah di gigi.  Teks mengenai kepercayaan ini ditemukan pada beberapa tablet tanah liat yang terkubur di dekat Niffer, Ur dan beberapa kota sekitar lembah mesopotamia. Bukti kepercayaan akan mitos ini juga terdapat di India, Mesir, Jepang, dan China. Di china, terdapat Relik yang berasal dari dinasti Shang berumur 1000 SM yang menjelaskan bahwa cacing masuk ke rongga mulut yang kemudian menyebabkan lubang pada gigi. Suku Aztek yang mendiami daerah Mexico City, juga percaya bahwa cacinglah penyebab karies gigi.

di Zaman pencerahan Eropa, kepercayaan akan cacing gigi sudah tidak lagi diterima. Pierre fauchard, yang dikenal sebagai bapak kedokteran gigi modern, adalah salah satu orang pertama yang menolak kepercayaan ini.

pada tahun 1890, berdasarkan penelitian oleh WD Miller, disimpulkan bahwa bakteri yang hidup di rongga mulut lah yang menyebabkan kerusakan gigi dimana bakteri ini akan menghasilkan asam yang melarutkan struktur gigi saat bakteri ini berada di lingkungan gigi yang terdapat fermentasi karbohidrat.


Jadi, secara ilmiah telah dibuktikan bahwa bukan cacing gigi yang menyebabkan gigi berlubang tetapi bakteri.

Kesimpulan: Cacing gigi invalid.


Have a nice day...:D ;)



sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Dental_caries
http://kosmo.hubpages.com/hub/What-Can-I-Do-about-My-Bad-Teeth
http://health.wikinut.com/LOVE-YOUR-TEETH-NOW/3pklobpb/

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: