Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 31 Oktober 2012

Bakteri bernafas dengan klorofom

by Joielechong sipayung  |  in Science at  Rabu, Oktober 31, 2012


Telah ditemukan bakteri yang bernafas dengan menghirup klorofom bukan oksigen seperti yang dilakukan manusia. Penemuan ini diberitakan pada terbitan terbaru Environmental Microbiology berdasarkan laporan peneliti australia.

Dr Matthew Lee dari Universitas New South Wales berkata: "Ini adalah kali pertama dimana mikroorganisme ditemukan menggunakan klorofom dalam proses metabolismenya. Bakteri ini menggunakan klorofom seperti kita menggunakan oksigen."

Dr Lee menemukan bakteri dari sedimen bawah permukaan Port Botany, Sidney, Australia berespirasi dengan klorofom bukan dengan oksigen.
Bakteri tersebut menghirup klorofom dan mengeluarkan asetat, hidrogen dan karbon dioksida sebagai hasil respirasinya.
Bakteri ini dapat membantu mengatasi masalah pembersihan tempat-tempat yang tercemar oleh klorofom dengan lebih mudah dan lebih murah dibandingkan dengan membersihkan tempat tersebut secara manual.

Dr Lee berkata bahwa penelitian lebih lanjut dapat menolong menentukan kondisi yang paling baik bagi bakteri sehingga bakteri akan memberikan hasil terbaik saat bakteri tersebut digunakan untuk membersihkan tempat-tempat yang tercemar oleh klorofom.



sumber: http://www.abc.net.au/science/articles/2012/10/30/3607002.htm

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: