Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 09 November 2012

Bagaimana cara mengetik dengan Cepat 10 Jari di komputer

by Joielechong sipayung  |  in informasi at  Jumat, November 09, 2012

gambar dari from www.loneplacebo.com
Mungkin Anda pernah terheran-heran ketika melihat seseorang bisa mengetik dengan sepuluh jarinya tanpa melihat ke keyboard komputernya, saya pun pernah demikian. Kelihatannya sulit sekali untuk bisa menjadi seorang 'pengetik' cepat seperti mereka. Tapi jangan kuatir, Anda pun bisa menjadi seorang pengetik cepat. Yang Anda butuhkan adalah alat bantu, nasihat yang tepat, dan semangat yang membara.
Untuk itulah saya, sebagai seorang yang pernah berada di posisi anda dan sekarang menjadi seorang pengetik cepat, akan memberikan bantuan untuk 2 hal pertama; alat bantu dan nasihat. Untuk masalah semangat, Andalah yang harus membantu diri Anda sendiri :).

Alat Bantu.

Tanpa alat bantu tentunya Anda (hampir) tidak akan pernah menjadi seorang pengetik cepat. Anda butuh alat bantu yang tepat. Pertama, tentunya anda butuh komputer untuk sarana belajar mengetik. Kedua, Anda perlu software yang bisa membantu Anda belajar mengetik. Ada dua software yang bisa anda pakai; yang gratis dan yang berbayar. Untuk yang gratis gunakan TIPP10, sedangkan yang berbayar gunakan Mavis Beacon Teaches Typing. Saya sangat menyarankan Anda menggunakan Mavis Beacon Teaches Typing versi 17, karena software ini memberikan tampilan visualisasi jari yang sangat baik sehingga sangat membantu.

Nasihat yang tepat.
  1. Tetapkan komitmen Anda untuk menjadi seorang pengetik cepat. Tanpa ada komitmen, Anda tidak akan pernah dapat memenuhi apa yang anda harapkan.
  2. Saat menggunakan software alat bantu, usahakan agar selalu mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh software tersebut. Jangan pernah berusaha untuk melewatkan bagian pembelajaran yang diberikan. Selesaikan sebuah tahapan dengan baik baru kemudian melangkah ke tahap berikutnya.
  3. Usahakan untuk memiliki sebuah keyboard tambahan yang bagus. Kemudian pakai keyboard tersebut sebagai keyboard utama komputer Anda. Setelah itu, secara berkala hapus/tutup satu huruf yang Anda telah kuasai di keyboard tersebut sampai semua huruf tertutup. Kemudian tutup angka dan tanda baca yang telah dikuasai (seperti gambar di bawah). Dengan cara ini, Anda secara tidak langsung akan 'memaksa' daya ingat Anda sehingga anda akan mampu mengetik tanpa melihat ke keyboard.
Keyboard 'berdebu' ku

Seperti yang saya katakan, tanpa ada komitmen Anda sulit untuk berkembang. Tetapkan komitmen Anda, percaya dirilah, dan bekerja keraslah. Awalnya mungkin kelihatan sulit, tapi setelah Anda terus menerus mengulang pembelajaran Anda maka pastinya Anda akan menjadi seorang pengetik yang cepat. 


Semoga Berhasil temanku...:D


Have a Nice Day... :D ;)

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: