Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 14 November 2013

Mendapatkan kembali Menu Start di Windows 8

by Joielechong sipayung  |  in Windows 8 at  Kamis, November 14, 2013

(Credit: Screenshot by Lance Whitney/CNET)
Masih merindukan menu Start klasik di Windows 8?, jangan takut, ada banyak alternatif tersedia di sini.

Inilah ikthisar beberapa pengganti Start menu Windows 8 yang dapat Anda gunakan.


Classic Shell
Classic Shell mencantumkan dirinya sebagai “Koleksi fitur yang pernah ada di versi Windows terdahulu namun kemudian dihilangkan.”

Dengan mengklik bola Windows setelah instalasi akan memberikan Anda pilihan untuk menampilkan semua setting di menu Start atau hanya yang dasar saja. Anda juga bisa memilih antara menu dengan panel-tunggal sederhana atau menu dengan panel-ganda modern.

Menu Classic Shell menunjukkan tampilan shortcut dari semua program, dokumen, dan setting. Perintah familiar seperti Run dan kotak Search ditampilkan. Dengan mengklik ikon Shut Down akan menampilkan pilihan Shut Down, Restart, Hibernate, Lock, dan Switch User. Perintah Help bahkan akan memanggil halaman Windows 8 Help and Support.

Classic Shell memberikan pilihan kustomasi. Aplikasi ini menawarkan beberapa setting dasar dan canggih yang dapat di-tweak sesuai yang Anda ingin. Anda bahkan dapat mem-backup tweak Anda sebagai berkas XML yang dapat digunakan untuk mengembalikan setting atau untuk dipakai pada Komputer lain yang juga memakai Classic Shell.

Anda dapat mengetahui tentang aplikasi ini lebih lanjut di halaman FAQ.


Pokki untuk Windows 8
Aplikasi Pokki ini Dikembangkan oleh orang-orang di SweetLabs, Pokki untuk Windows 8 memberikan menu Start yang menawan dan didesain dengan baik. Dari menu tersebut, Anda dapat mengakses semua aplikasi dan dan membuka folder-folder tertentu, seperti Documents, Music, dan Pictures. Sebuah kotak pencarian yang memampukan Anda untuk mencari program. Dan sebuah menu Shutdown yang memiliki beberapa pilihan seperti Shut Down, Restart, Sleep, dan Hibernate.



Power8
Mencantumkan dirinya sebagai “Lagi pengganti lain menu Start untuk Windows 8,” Power8 yang gratis ini menampilkan tombol Start yang terletak pada posisi biasanya di Dekstop. Dengan mengklik tombol tersebut akan menampilkan menu panel-ganda yang familiar. Dari panel kiri, Anda dapat menempelkan  aplikasi favorit Anda dan mengakses semua aplikasi Anda dari menu Program. Dari panel kanan, Anda dapat membuka folder tertentu, seperti Computer, Libraries, Control Panel, Administrative Tools, and Network.

Dengan mengklik kanan tombol Start Power8 akan memunculkan menu pop-up dengan beberapa pilihan. Perintah Setting memampukan Anda mengkustomasi aplikasi.

Anda dapat memblok semua Windows 8 UI, aka Metro, aka fitur Modern, yang berarti mouse Anda tidak akan lagi memicu thumbnail layar Start atau bar Charms. Meskipun opsi tersebut diaktifkan, Anda dapat tetap mengklik kunci Windows untuk mendapatkan layar Start atau menekan tombol Win+C untuk mengaktifkan bar Charms.


RetroUI Pro
RetroUI memberikan tampilan yang berbeda dengan menu Start yang diberikan oleh aplikasi lainnya. Dengan mengklik bola Windows akan menampilkan menu yang diisi dengan kotak dan blok yang sesuai dengan UI Start Screen Windows 8.

Panel-kiri menampilkan ikon persegi untuk aplikasi desktop standar dan Windows 8,  sementara panel kanan memberikan akses ke pustaka folder, Control Panel, Prograsm, dan folder pengguna Anda. Anda dapat menempelkan setiap folder di panel-kanan atau item lain ke panel-kiri sehingga menjadi lebih mudah diakses. Anda juga dapat dengan mudah mengklik kanan pada tiap item di panel-kiri dan memilih perintah delete untuk menghapus ikon dari panel.

Anda dapat men-download versi gratis aplikasi sebagai trial 7 hari. Satu lisensi PC dihargai sebesar $4.5 sementara 3 lisensi sebesar $9.95. RetroUI Pro memberikan cara yang bersih dan baru untuk mengabungkan menu Start dengan lingkungan Windows 8 dan sesuai dengan harga yang diberikan.


Start8
Disediakan oleh Stardock, Start8 memberikan beberapa pilihan tergantung seberapa tertarikkah Anda pada layar Start yang baru. Anda dapat mengatur bola Windows utnuk menampilkan menu Start tradisional atau layar Start. Anda dapat juga memilih style menu, tema, dan beragam fitur lainnya.

Menu Start tampil dengan format dua pnael tradisonal dengan shortuct ke program dan folder pada bagian kiri dan mentautkan ke Documents, Pictures, Control Panel, dan area lainnya di bagian kanan. Perintah Shut Down memberikan pilihan Restart, Sign Out, Sleep, Hibernate, dan banyak lagi. Sama seperti pada Windows 8, Anda dapat mengkontrol item yang muncul pada menu Start, mana yang muncul sebagai tautan, dan mana yang muncul sebagai menu.

Start8 dihargai sebesar $4.99, namun perusahaan pembuat juga memberikan pilihan versi trial 30 hari.


StartMenuPlus8
StartMenuPlus8 memberikan menu Start seperti yang biasa tetapi memberikan Task Menu, meskipun dengan harga ekstra.

Setelah instalasi, aplikasi akan menanyakan apakah Anda ingin menjalankannya sebagai pengguna dasar, standar, standar plus, atau profesional. Setiap kenaikan level akan memberikan fitur lebih banyak. Anda dapat memulai sebagai pengguna dasar dan kemudian menaikkan ke level lain jika diinginkan.

Sebagai pengguna dasar, Anda dapat mengklik tombol bola Windows yang familiar untuk menunjukkan aplikasi menu Start. Shortcut untuk beragam aplikasi dan beberapa folder tampil pada panel kiri, sementara tautan ke Documents, Pictures, Music, Control Panel, dan spot familiar lainnya di bagian kanan. Anda dapat juga mengatur panel kiri untuk menunjukkan daftar beberapa program yang baru saja digunakan.

Anda dapat men-download gratis aplikasi StartMenuPlus8 sebagai aplikasi trial 30 hari. Versi standar, yang mencakup semua fitur kecuali menu Task, dihargai sebesar $4.99. Versi profesional, dengan menu Task, dihargai sebesar $9.99.


Start Menu Reviver
Start Menu Reviver yang gratis ini mencoba menjembatani dunia “Modern” dengan dunia desktop yang familiar dan memberikan gabungan yang cantik. Dengan mengklik tombol Start, aplikasi ini akan menampilkan menu yang dipenuhi beragam goodie untuk mengakses semua program Windows 8, setting, dan berkas.

Start Menu Reviver bertindak sebagai gerbang hampir ke manapun ke Windows 8 tanpa perlu mengutak-atik layar, tiles, atau charm. Sulit untuk mencari fitur yang tidak ada di menu kiri, namun aplikasi ini mampu menempatkan semuanya tanpa kelihatan berserakan.


StartW8
StartW8 merupakan aplikasi dasar namun gratis yang meniru tampilan menu Start klasik. Dengan mengklik bola Windows akan memicu menu Start dua panel dengan shortcut Anda pada bagian kiri dan akses ke folder tertentu dan area lainnya di bagian kanan.

Tombol Shut Down-nya menampilkan tautan ke Restart, Sleep, Hibernate, Switch Users, Sign Out, atau  Lock the PC. Anda dapat juga mengklik kanan bola Windows untuk menampilkan beberapa perintah, termasuk Run, Command Prompt, dan beragam pilihan shutdown lainnya.

StartW8 tidak banyak memberikan pilihan kustomasi atau fitur canggih. Namun ini cukup jika Anda hanya memerlukan menu Start sederhana.


StartMenu7
Aplikasi ini dikenal juga sebagai StartMenuX, utilitas ini memberikan pilihan kustomasi tampilan, penggunaan, dan fungsionalitas dari menu Start yang fleksibel.

Anda dapat me-resize menu untuk mendapatkan sebanyak mungkin atau sedikit mungkin ruangan yang   Anda mau. Anda dapat mengubah bola Windows antara tampilan Windows 7 dan logo Windows 8 yang baru. Bahkan ada pilihan untuk menetapkan grup virtual untuk mengorganisasi shortcut Anda.

Perintah Run dan Search tradisional juga tersedia. Dan tampilan panel opsi Power Control seperti Shut Down, Restart, Hibernate, Sleep, dan bahkan Undock.

StartMenu7 tersedia dalam dua versi, versi gratis dan versi Pro seharga $20 yang memberikan fitur lebih dan kemampuan kustomasi.


ViStart
Diterbitkan oleh Lee-Soft, Vistart menampilkan bola Windows 7 yang familiar. Dengan mengklik bola, maka akan memunculkan menu Start ViStart dengan folder Anda dan shortcut pada bagian panel kiri dan tautan ke fitur populer Windows dan lokasi pada bagian kanan.

Kotak pencarian memampukan Anda untuk mencari setiap aplikasi yang ada dan juga berkas. Tombol shutdown tersendiri memberikan akses ke Shut Down, Restart, Log off, dan perintah Hibernate.

Anda dapat memilih pilihan melewati layar Start Window 8 jika Anda mau.

ViStart merupakan cara yang sederhana dan cepat untuk mendapatkan kembali menu Start, sepanjang Anda tidak keberatan untuk tidak mampu mengkustomasi menu.


Win8 StartButton
menu Win8 StartButton sama penampilannya seperti Classic Shell. Namun ini bukanlah ketidaksengajaan. Aplikasi ini sebenarnya merupakn rekompilasi dari aplikasi open-source Classic Shell yang diakui oleh developer-nya.

Sama seperti Classic Sheel, Win8 StartButton memperbolehkan Anda untuk men-tweak tampilan dari menu Start dengan beberapa fitur kustomasi.Dengan mengklik bol Start aplikasi akan menampilkan menu dua panel seperti biasa degan akses ke program dan folder dan perintah Search, Run, dan Help. Anda juga akan menemukan opsi Shut Down, Restart, atau Hibernate.

Win8 StartButton merupakan aplikasi yang mudah dengan menu Start dasar dan beberapa cara untuk mengkustomasi fitur canggih. Namun Anda baiknya tetap menggunakan Classic Shell.



(Diterjemahkan bebas dari How To Get Start Menu Back In Windows 8)

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: