free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 28 Februari 2014

Anda bisa hidup tanpa uang di saat sekarang ini

by Unknown  |  in Opini at  Jumat, Februari 28, 2014

Memang dasar kebiasaan saya yang kritis dan membantah opini yang tidak sesuai dengan pikiran dan idealisme yang saya miliki.... :D

Saya sangat tidak setuju dengan pemikiran bahwa di jaman sekarang ini uang merupakan sesuatu yang sangat penting.

Uang sama sekali tidak bisa menentukan arah kehidupan kita. Tetapi yang menentukan adalah bagaimana pikiran kita mengenai arah kehidupan kita. Bagaimana pola pikir dan kepercayaan (believe) kita, bagaimana penjiwaan kita terhadap arah hidup itu yang menentukan.

Memang di dalam kehidupan sehari-hari kita memerlukan uang sebagai alat tukar. Alat untuk membeli keperluan kita. Saya sengaja menekankan frasa alat tukar untuk menunjukkan tingkat kegunaan uang. Uang hanya semata-mata alat tukar yang kita perlu untuk membeli kebutuhan. Namun sebagai alat tukar, tentu saja posisinya dapat digantikan dengan benda yang lain. Prinsip tukar menukar barang, barter, masih sangat relevan di saat ini, meskipun di daerah perkotaan prinsip ini sangat sulit diterapkan. Memang kalau ingin kembali menggunakan barter sangatlah tidak tepat, tidak efisien, dan tidak fleksibel untuk digunakan. Uang memang alat tukar yang tepat digunakan saat ini.

Mungkin sebagian pembaca berpikir bahwa kalimat saya sebelumnya bertolak belakang dengan pemikiran awal di kalimat sebelumnya. Tetapi sebenarnya saya mencoba untuk memberikan pemahaman yang sedikit sulit untuk dimengerti. Memang itu tujuans saya, hahahaha :D.

Kembali ke pembahasan awal. Uang memang penting. Sangat penting. Tetapi penting untuk apakah?. Nah, yang ingin saya sampaikan adalah uang merupakan alat untuk melakukan sesuatu; untuk membeli sesuatu. Ini yang perlu ditekankan. Uang bukanlah tujuan hidup kita, tetapi hanya sebagai alat.

Orang bukannya tidak bisa hidup tanpa uang, tetapi tidak bisa hidup tanpa makan. Dengan apakah membeli makan? dengan uang. Sekali lagi, penekanan disini adalah kegunaan uang. Tujuan hidup bukanlah uang. Tujuan hidup kita adalah sesuatu yang membuat kita merasa penuh, puas, dan tercerahkan (atau Enlightenment ; maaf, saya menggunakan istilah filsafat disini). Kalau kita memilih memiliki uang sebagai tujuan, maka hal ini tidak akan pernah memuaskan hasrat hidup yang sebenarnya kita ingini.

Ingat, tujuan bukanlah alat. Tujuan adalah titik akhir yang ingin kita capai. Jika tujuan akhir anda adalah uang, bukankah hidup anda sudah berakhir saat anda memiliki uang. Apa gunanya anda memiliki uang, tetapi tidak tahu digunakan untuk apa?. Apa gunanya anda memiliki alat untuk membeli tetapi tidak tahu apa yang anda beli?. Menyedihkan sekali bukan?.

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: