Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 29 April 2014

Tidak ada tujuan yang tercapai tanpa ada perencanaan yang rinci

by Joielechong sipayung  |  in Opini at  Selasa, April 29, 2014

Kalau kita tidak punya tujuan hidup yang jelas maka akhir perjalanan hidup kita pun pasti tidak jelas. Jadi kita sekurang-kurangnya harus memilih dan menentukan arah kehidupan yang kita inginkan. Meskipun demikian, tetap saja kepastian arahnya Tuhan yang menentukan.

Tujuan yang jelas haruslah mempunyai perincian yang lengkap untuk menentukan langkah-langkah yang kita ambil dalam mencapai tujuan tersebut. Kita harus mempersiapkan segala sesuatu hal yang dibutuhkan dalam perencanaan tersebut. Seperti halnya dalam melanjutkan pendidikan menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari yang sebelumnya kita miliki, tentu kita harus mempersiapkan dana, tempat tinggal, pilihan tempat untuk melanjutkan pendidikan, dan jurusan yang kita pilih. Persiapan yang baik akan memudahkan pencapaian memenuhi tujuan hidup kita.

Saya mendapatkan beberapa pengalaman yang mengajarkan hal-hal tersebut. Pengalaman-pengalaman ini menegaskan kepada saya bahwa tanpa perencanaan tidak akan ada tujuan yang dicapai. Izinkan saya bercerita sedikit; Saya dan seorang teman membuat sebuah tujuan hidup yang besar untuk masa depan, yang intinya adalah untuk memberikan kebebasan waktu dan finansial bagi kamu berdua. Tujuan yang kami buat tersebut sangat hebat dan mulia, membangun sebuah perusahaan komersial yang keuntungannya sebagian besar ditujukan untuk kepentingan sosial (setidaknya, itu yang saya pikirkan). Kami mendaftarkan hal-hal apa saja yang akan dilakukan, hal-hal apa yang akan kami buat untuk mencapai tujuan tersebut. Mulai dari membuat website, menulis buku, mendirikan badan konsultasi, dan sebagainya. Di pikiran saya, ide-ide yang kami rangkum ini begitu fantastis dan pasti akan berhasil. Tetapi, sayangnya kami tidak pernah membuat perincian langkah-langkah yang harus kami lakukan. Tidak ada. Hanya ide dan sejumput semangat yang mengebu-gebu. Alhasil, setelah 2,5 tahun pun kami belum melakukan pergerakan apa pun.

Intinya adalah, setiap tujuan yang ingin kita capai harus disertai dengan perencanaan yang rinci. Tanpa ada perinciaan akan langkah-langkah yang dilakukan dalam pencapaian tujuan, tidak akan ada tujuan yang akan tercapai.

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: