Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 07 Juni 2014

Bagaimana menunjukkan kasih sayang

by Joielechong sipayung  |  in Personal Building at  Sabtu, Juni 07, 2014

Image from Cathy Ulrich
Terlintas di pikiran saya tentang apa dan bagaimana sebenarnya cara untuk menunjukkan rasa kasih sayang saat melakukan perenungan rohani pagi ini. Sepertinya pikiran ini muncul karena pengaruh dari buku The Gift of Fear, yang mendeskripsikan tentang rasa cinta yang berlebihan yang merusak, dan kondisi hati saya sendiri yang lagi galau tidak menentu karena ketidakjelasan status hubungan dengan seorang wanita (sok melankolis...hahahah). Atau barangkali karena proyek software yang belum kelar-kelar. Atau? Hmm... Bingung menentukan penyebab utamanya, hahahaha :D. Lanjut.

Bentuk Kasih Sayang
Banyak cara yang dikatakan orang untuk menunjukkan kasih sayang; Memberikan hadiah, memberikan kartu ucapan, mengucapkan kasih sayang, memberikan perhatian, memberikan pujian, menghargai, memberikan kejutan, bersikap jujur, dan banyak hal lainnya. Tetapi apakah semua hal ini cukup? Apakah semua hal ini benar-benar bisa menunjukkan rasa kasih sayang kita?

Setiap manusia butuh kasih sayang. Setiap orang memerlukan kasih sayang dari orang lain sebagai bahan bakar kehidupannya.  Kebutuhan ini merupakan kebutuhan yang sangat penting dan mendasar bagi kehidupan manusia.

Setiap orang memiliki mekanisme untuk memberikan kasih sayang yang mulai dimilikinya saat ia tumbuh dan berkembang di dalam keluarga. Tetapi sayangnya, kebanyakan orang memilih untuk sekadar menerima kasih sayang dan sering lupa untuk memberi kasih sayang pada orang lain.

Menunjukkan kasih sayang dengan memberikan barang memang bisa memberikan kesan pemberi barang memiliki rasa kasih sayang kepada orang yang diberi. Tetapi kasih sayang seperti ini tidak akan berkesan lama, karena seperti barang yang mudah rusak maka kasih sayang yang diwakilkan oleh barang ini akan pudar seperti umur barang.

Memberikan pujian tidak selamanya berarti kasih sayang, terkadang pujian hanyalah sekadar pujian sehingga pujian tidak selalu diterima sebagai penunjuk rasa kasih sayang. Rasa kasih sayang bisa ditunjukkan dengan pujian tetapi pujian tidaklah cukup untuk mewakilkan rasa kasih sayang. Bayangkan saat Anda dipuji oleh seseorang, entah itu anggota keluarga Anda, teman sekerja, atau sahabat, apakah Anda merasa pujian tersebut merupakan bentuk kasih sayang mereka? Pasti kebanyakan Anda menjawab tidak.

Cara Menunjukkan Kasih Sayang Yang Sebenarnya
Jadi bagaimanakah cara menunjukkan kasih sayang yang sebenarnya? Bagaimana cara menunjukkan kasih sayang yang tidak pudar?. Untuk menunjukkan kasih sayang yang sebenarnya dan tidak pudar dapat dilakukan dengan memberikan sesuatu dari kita yang tidak ternilai dan tidak tergantikan. Ada dua hal yang tidak ternilai dan tidak tergantikan dalam hidup kita. Yang pertama adalah nyawa atau hidup dan kedua adalah waktu.

Yang pertama adalah nyawa atau hidup. Tentu Anda berpikir bahwa pandangan saya ini terlalu radikal atau aneh dan bahkan tidak masuk akal. Jarang sekali memang ada orang yang mau memberikan hidupnya untuk orang lain, tetapi saat seseorang memberikan hidupnya untuk orang lain maka tindakan ini akan menyentuh relung hati yang paling dalam dari orang-orang yang berada di dalam lingkaran kasih sayang ini. Tidak ada satu orang pun yang dapat melupakan kasih sayang seperti ini. Tidak ada satu orang pun yang bisa melupakan kasih sayang yang diberikan oleh Bunda Teresa kepada orang-orang di kalkuta. Dengan mengorbankan hidup Anda untuk orang lain, Anda menunjukkan kasih sayang yang sebenarnya.

Yang kedua adalah waktu. Waktu anda merupakan sesuatu yang sangat berharga dan tidak dapat tergantikan. Anda tidak dapat mengulang waktu yang sudah lewat. Anda tidak bisa mengembalikan masa-masa hidup Anda yang sudah terlewati. Memberikan waktu Anda untuk orang lain yang Anda kasihi, berarti memberikan keseluruhan diri Anda; pikiran, tubuh, hati, dan jiwa untuk orang lain. Memberikan kasih sayang kepada anak berarti memberikan waktu Anda untuk anak dengan bersamanya, selalu ada disamping anak untuk merawat dan membesarkannya, bukan dengan sekadar memberikan kebutuhan fisik seperti pakaian, makanan, dan pendidikan saja. Memberikan kasih sayang kepada pasangan berarti memberikan waktu Anda untuk bersama dengan pasangan, ada saat pasangan Anda berbahagia, ada saat pasangan bersedih, ada saat pasangan memerlukan penopang, bukan sekadar menelepon, mengirimkan pesan SMS, mengirimkan hadiah, atau bahkan memberikan kata pujian. Memberikan kasih sayang kepada keluarga berarti memberikan waktu Anda untuk bersama dengan keluarga, bukan sekadar memenuhi kewajiban sebagai anggota keluarga. Memberikan kasih sayang kepada sahabat berarti memberikan waktu Anda untuk bersama dengan sahabat, berada di saat senang mau pun susah, bukan sekadar tempat curahan hati.

Memberikan waktu berarti memberikan keseluruhan Anda pada orang lain.


Selamat berkasih sayang... ;)

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: