Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 01 Juli 2014

Apa yang anda inginkan tertulis di batu nisan anda?

by Joielechong sipayung  |  in Personal Building at  Selasa, Juli 01, 2014

Gravestone*

Pertanyaan ini bukanlah dimaksudkan untuk mengingatkan dekatnya waktu anda di dunia ini, tetapi merupakan pertanyaan tentang tujuan anda di dunia ini. Apa yang telah anda lakukan untuk dunia sehingga dunia patut mengenal anda.

Apakah Anda ingin tidak ada tulisan apapun selain nama Anda?. Yang berarti Anda sama dengan kebanyakan orang lain, tidak memiliki pengaruh sama sekali pada orang lain sehingga tidak patut untuk dikenang dengan kata-kata yang lain selain nama. Hanya menumpang hidup di dunia ini. Hanya sekadar hidup untuk diri sendiri. Mungkin Anda akan berkata: "Aku telah hidup dengan baik, aku hidup tidak menyusahkan orang lain, aku tidak mencelakakan siapa pun, aku tidak mencampuri urusan orang lain. Aku telah memelihara keluargaku dan telah memenuhi kebutuhan mereka. Bukankah itu sudah cukup?". Sayangnya saudaraku, hampir semua orang melakukan hal seperti itu. Apa bedanya anda dengan orang lain?. Orang-orang tersebut memiliki nisan yang hanya bertuliskan nama saja. Anda juga akan demikian. Anda tidak patut untuk dikenang, karena Anda hanya hidup untuk diri anda sendiri. Silahkan tinggalkan dunia ini dengan tenang.

Atau anda ingin nisan dengan tulisan yang menunjukkan siapa anda?. Seperti kata-kata ini : "Ia adalah pahlawan bagi negaranya" atau "Disini terbaring orang yang telah membebaskan kota ini dari kemiskinan" atau "Orang yang paling berjasa dalam pengembangan pendidikan" atau yang lainnya. Tentu saja anda harus melakukan sesuatu yang lebih dari pada kebanyakan orang lain lakukan. Anda tidak bisa egois. Anda tidak bisa hidup untuk sendiri atau hidup untuk keluarga Anda. Anda harus keluar dari lingkaran tersebut. Anda harus melompat dari kenyamanan Anda dan berusaha memahami kemalangan orang lain. Anda harus hidup demi orang lain. Hanya dengan ini sajalah anda bisa menjadi orang yang lebih dari kebanyakan orang.

Tetapi, apakah anda hanya ingin dikenang setelah mati? Tentu saja tidak, bukan?. Tentunya Anda ingin selalu dikenang bahkan disaat Anda masih bernafas. Maka, bertindaklah sekarang. Lakukan perubahan dihidupmu. Kerjakan sesuatu yang bisa memberikan nilai untuk kehidupan orang lain. Selami dan rasakan penderitaan orang lain. Berusahalah menjadi orang lain dan hidup seperti orang lain agar anda dapat lebih jauh memahami mereka. Jadilah garam yang memberikan rasa di kehidupan orang lain. Jadilah terang yang bisa menuntun orang lain. Renungkan dan bertindaklah segera. Saya yakin Anda bisa. Anda harus yakin anda bisa. Tuhan tahu Anda bisa. Jadi, apakah yang anda takutkan? Apakah yang jadi penghalang anda?. Bersegeralah.

Friday, 22:00 WIB, 27 february 2014


* Image taken from http://www.turbosquid.com/3d-models/3d-model-of-scary-gravestone/699291

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: