free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 20 Agustus 2014

Rencana baca banyak buku tetapi...

by Unknown  |  in Opini at  Rabu, Agustus 20, 2014

Di awal tahun 2014, di bulan februari, saya mulai aktif dengan Goodreads. Bagi yang suka baca mungkin akan tahu bahwa Goodreads merupakan situs yang populer di kalangan kutu buku. Goodreads ini merupakan situs sosial bagi kalangan peminat buku; kutu buku, penulis buku, penerbit buku, dan *** (isi sesuai kemauan) buku lainnya... :D.


Di dalam proses keaktifan ini, saya membuat resolusi untuk membaca 110 buah buku dalam setahun. Awalnya sih memang berjalan sesuai dengan jadwal dan harapan. Tetapi seiring berjalannya sang waktu dan diakibatkan oleh banyaknya aktivitas (alasan klasik), kecepatan baca saya menurun drastis. 

Mengapa saya makin lama makin menurun tingkat membacanya?. Kita atau tepatnya saya, sering berapi-api saat memulai sesuatu yang sangat diinginkan. Semangat untuk melakukannya sangat hebat. Kalau semangat diibaratkan dengan api yang lagi menyala, karena saking panasnya api tersebut bisa membakar apapun yang berada di sekitarnya. Namun seiring berjalannya waktu, bahan bakar untuk api pun habis. Mengapa? Karena tidak ada cukup bahan bakar yang tersedia. 

Semangat tidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya dasar untuk mengerjakan apa yang kita inginkan. Butuh organisasi dan manajemen waktu untuk kehidupan. Setiap detail dari tindakan yang akan kita lakukan, harus kita catat dan diorganisasi secara berkala. Harus ditentukan waktu kapan yang kita inginkan mesti tercapai. Harus ada tujuan yang jelas.

Saya memiliki semangat dan tujuan yang jelas, tetapi saya tidak memiliki organisasi dan manajemen yang detail untuk langkah-langkah dari hal yang saya inginkan. Jadi wajar saja saya tidak berhasil mencapai resolusi ini. Saya harus mengorganisasi dan memanajemen hidup agar bisa mencapai apa yang saya inginkan.

Semoga apa yang saya dapatkan menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Tetap percaya pada diri anda. 

Tidak ada yang mustahil selama kita percaya... ;)


0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: