free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 23 September 2014

Mengatasi shortcut aplikasi yang berubah menjadi microsoft Word di Windows 7

by Unknown  |  in Windows at  Selasa, September 23, 2014

Kemarin malam saya mencoba mengatasi permasalahan pada notebook dengan Windows 7. Masalah yang terjadi adalah semua link ke aplikasi berubah menjadi link ke aplikasi Microsoft Word 2007 dengan icon Word 2007 juga. Awalnya saya pikir notebooknya terkena virus dan harus diinstall ulang. Ternyata setelah beberapa lama saya selidiki, anti virus Avast dan Kaspersky yang saya install di notebook itu tidak menunjukkan adanya gejala malware. Sehingga saya berasumsi kalau notebooknya hanya berubah settingan atau entri registry-nya.

Percobaan penyelesaian pertama yang saya lakukan adalah dengan menggunakan File Association Fixer. Saya berpikir, mungkin saja asosiasi file .exe berubah sebagai Word. Maka saya coba menggunakan Exe File Association Fix. Namun tidak membuahkan hasil.

Percobaan kedua, karena link yang diasosiakan selalu menuju ke Word maka kemungkinan masalahnya ada di asosiasi file .lnk. Tetapi saya sama sekali tidak berpikir untuk menggunakan LNK File Association Fix. Malah saya memilih untuk secara manual mengubah registry. Saya mengubah registry di bagian (jangan lupa untuk membuat backup registry terlebih dahulu):

 HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\.lnk\  
Dengan menghapus semua folder selain folder OpenWithProgids.

Setelah mengubah registry secara manual saya kemudian log off dari Windows, kemudian log in kembali.....

Jreng.. Jreng.. Jreng.. Akhirnya Windows 7-nya kembali normal. :D

Setelah beberapa jam berpikir, akhirnya ketemu juga solusinya, hehehehehe... :D...

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: