Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 03 Oktober 2014

Orang jujur itu mahal

by Joielechong sipayung  |  in Opini at  Jumat, Oktober 03, 2014

Sampai saat ini, saya pikir masih kejujuran lah yang merupakan nilai jual untuk tiap individu. Kepintaran, kemampuan, dan profesionalitas dapat dikembangkan oleh tiap individu secara berkala tetapi kejujuran lebih kepada prinsip hidup yang sangat sulit dikembangkan. Kejujuran merupakan aset yang sangat mahal karena untuk membentuk pribadi yang jujur diperlukan waktu yang tidak sebentar, bahkan kalau bisa dikatakan merupakan aset yang dibentuk mulai dari usia dini. Setiap orang bisa pintar, bisa memiliki kemampuan, bisa menjadi profesional seiring dengan waktu. Sedangkan kejujuran bukan berkembang seiring dengan waktu. Orang yang jujur berarti ia memiliki pribadi yang jujur. Maksud saya, kejujuran merupakan kepribadiannya yang tidak bisa dipisahkan.

Setiap orang berpotensi untuk menjadi orang jujur, tetapi sayangnya orang lebih memiliki untuk bersikap tidak jujur. Hal ini disebabkan karena dalam jangka pendek orang-orang jujur sering diperalat orang lain, sehingga orang-orang yang berusaha hidup jujur banyak yang tidak bertahan. Namun dalam jangka panjang orang-orang jujur yang akan berada di posisi terdepan kalau mereka berani mengambil visi yang besar.

Orang yang jujur pasti berani menentang sistem yang salah meskipun hal tersebut berlawanan dengan sikap profesional di lingkungan hidupnya. Orang yang jujur pasti berani melawan penyimpangan yang terjadi di lingkungannya.

Dalam pandangan saya, orang jujur yang paling memiliki banyak teman. Kenapa? karena orang tersebut bisa dipercaya. Tanpa kejujuran, kita hanya akan mendapatkan teman yang superficial, teman yang hanya sebatas teman di saat mereka memerlukan kita. Orang jujur pasti akan memiliki banyak teman yang dapat dipercaya.

Kepercayaan akan sangat mudah didapatkan jika anda jujur. Maka jujurlah dari sekarang. :)

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: