Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 26 April 2015

Cara mudah mengatasi masalah

by Joielechong sipayung  |  in Personal Building at  Minggu, April 26, 2015

Masalah memang selalu ada dan setiap hari kita hampir selalu bersentuhan dengan masalah, baik itu kecil maupun besar. Setiap masalah memiliki jalan keluarnya sendiri. Pastinya selalu ada jalan keluar untuk sebuah masalah. Dan terkadang solusinya hanya dengan berdiam diri atau berhenti memikirkan masalah itu.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah. Kesederhanaannya sering menjadi hal yang terabaikan oleh kita karena secara natural kita memikirkan sebuah solusi untuk masalah tidak pernah sederhana. Hal-hal sederhana itu adalah sebagai berikut:

1. Menganggap Masalah Itu Sebagai Umpan Balik.
Masalah adalah umpan balik dari keadaan yang kita butuhkan untuk berkembang. Memiliki masalah berarti kita memiliki potensi untuk berkembang. Umpan balik akan membuka pikiran bahwa ada hal yang perlu diperbaiki dalam hidup ini.

2. Berhenti Memikirkannya.
Masalah tidak pernah menjadi masalah kalau kita tidak menganggapnya sebagai masalah. Pemikiran kita yang menentukan hal tersebut. Orang-orang yang sukses tidak menganggap masalah sebagai hal yang menggangu tetapi menganggap masalah sebagai lecutan untuk lebih hidup dan lebih bersemangat lagi. Masalah tergantung oleh bagaimana kita memikirkannya.

3. Hidup Anda Berharga Karena Anda Masih Diberi Kesempatan Mengecap Masalah.
Tentu saja! Jelas sekali hidup anda sangat berharga karena ternyata anda diberi kesempatan untuk merasakan masalah. Anda layak untuk mengembangkan potensi anda lebih lanjut karena anda telah diberi kesempatan untuk memperbaiki diri dengan menghadapi masalah. Sama halnya seperti seorang anak didik dalam sebuah sekolah yang senantiasa diberi soal untuk mengembangkan kemampuannya, anda diberi masalah untuk mengembangkan potensi anda dalam hidup ini. Tanpa ada masalah kita tidak mungkin berkembang. Lihat saja seorang yang dianggap bijaksana, mengapa dia dianggap bijaksana? karena dia mampu memecahkan masalah yang dia hadapi. Bagaimana dia memecahkan masalah kalau dia sendiri tidak pernah mengecap masalah? Bahkan orang menjadi bijak karena pernah menghadapi banyak masalah.


Berhentilah tenggelam dalam masalahmu. Percaya bahwa selalu ada solusi dari setiap masalah. Percaya bahwa Penciptamu pasti memberikan yang terbaik bagi anak-anakNya, bahkan saat kamu diberikan ujian, masalah, dan pencobaan.

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: