free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 01 Juli 2015

Sadar akan kesalahan

by Unknown  |  in Opini at  Rabu, Juli 01, 2015

"Sebuah kesalahan dapat diperbaiki jika kita sudah mengakui kesalahan tersebut.", kalimat ini telah memberikan saya sebuah wawasan baru atau dalam istilah filsafatnya telah memberikan pencerahan pada hidup saya. Banyak hal yang selama ini tidak mengalami perubahan hanya dikarenakan saya tidak mengakui bahwa hal-hal itu merupakan kesalahan yang senantiasa saya perbuat. Saya tidak mencapai apa yang saya inginkan karena saya telah salah melakukannya.

Perlu saya akui memang faktor keras kepala dan menganggap diri benar merupakan alasan mengapa saya tetap bersikukuh melakukan kesalahan terus-menerus. Dan terkadang harga diri juga turut berperan di dalamnya. Sesuai dengan sifat alamiah manusia untuk mempertahankan hidup saat dalam bahaya, saya mencoba bertahan untuk tetap dalam kesalahan untuk mempertahankan posisi saya dari serangan yang menelanjangi semua kesalahan yang ada pada diri ini.

Namun sayangnya, ternyata arti harga diri ini tidak sebanding dengan harga yang harus saya terima dalam hidup. Semua memang telah terjadi dan saya harus tetap hidup meskipun harus hidup oleh akibat kekerasan kepala sendiri. Untungnya saat ini saya telah tahu sebagian besar apa yang salah dan keputusan apa yang salah yang harus saya akui dan benahi. Saya memiliki pasangan yang mampu memberikan sinar hidup yang menghidupkan saya, dan saya memiliki Tuhan saya yang senantiasa setia walau hambaNya ini senantiasa jatuh dalam dosa dan kesalahan. Saya tahu saya bisa berhasil dalam hidup ini.

Karena tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya.

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: