Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 30 September 2015

Prinsip Dasar Pemrograman Berbasis Objek, STUPID dan SOLID

by Joielechong sipayung  |  in pemrograman at  Rabu, September 30, 2015

SOLID *
Seumur-umur saya belajar pemrograman, baru saya temukan istilah prinsip STUPID dan SOLID. Kedua istilah ini ternyata bukan hal baru di dalam dunia pemrograman terkhusus pemrograman berbasis objek. Bahkan prinsip SOLID ternyata sudah dimulai pada awal tahun 2000.

Udah lama juga saya berkutat dengan pemrograman berbasis objek, tapi baru istilah DRY, KISS, dan CRUD yang pernah saya dengar. Itupun istilah ini saya tahu dari Dosen saya dulu.

Memang harus saya akui, ini juga salah satu kelemahan mempelajari sesuatu secara otodidak. Kalau gak cocok mood untuk belajar bakalan gak dipelajari, dan sering yang dipelajari yang menurut hati aja yang bakal diperdalam. Tapi tetap gak ada alasan untuk menyalahkan yang lain. Memang harus belajar terus kalau mau berkembang. Ada beberapa referensi yang bisa kita pakai untuk mengetahui prinsip-prinsip tersebut, yakni:

  1. SOLID (Object Oriented Design) dari Wikipedia. (Wikipedia ini wajib dibaca untuk tahu dasarnya) 
  2. S.O.L.I.D: The First 5 Principles of Object Oriented Design
  3. From STUPID to SOLID Code!
  4. Design Principle and Design Pattern oleh Robert C. Martin (Berkas PDF)
  5. The Principles of OOD
Ini jadi bahan pelajaran saya untuk hari ini, semoga dengan pengetahuan baru ini proyek pengembangan aplikasi yang sedang lakukan semakin mudah jalannya. Amin.

Buat teman-teman yang sedang membaca, saya ucapkan selamat!. Yang terutama sih selamat bingung!..wkwkwk :D. Yang kedua, selamat stress!...xixixi 3:). Tetap semangat. Ganbare.



0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: