Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 10 Oktober 2015

Membuat Game Online Android

by Joielechong sipayung  |  in pemrograman at  Sabtu, Oktober 10, 2015


Ternyata banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mengembangkan Game online untuk Android. Baik dari segi finansial, kejiwaan, serta teknisnya. Secara finansial, kalau gak punya uang yang gak bisa makan. Jadi kalau gak makan kan gak mungkin bisa membuat game, ya kan? hahaha. Secara kejiwaan, kalau jiwa gak kuat bakalan cepat stress mengerjakannya, dan bisa jadi gagal membuat gamenya. Jadi harus dipastikan seorang pembuat game harus tidak mengalami gangguan kejiwaan.

Karena secara finansial saya masih bisa makan dan secara kejiwaan saya masih normal, maka hal yang perlu dikaji sekarang adalah hal teknisnya.

Dalam mengembangkan game online untuk Android adalah beberapa hal yang perlu dikuasai:

1. Jenis Game
Kita harus mengerti jenis game apa yang kita kembangkan, apakah game turn base, atau game MMORPG yang melibatkan banyak pemain sekaligus, atau game First-Person Shooter yang membutuhkan tingkat akurasi game.

2. Server Game
Bagi masing-masing game dibutuhkan jenis server yang berbeda. Untuk first person shooter, server membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi. Untuk game MMORPG, server membutuhkan kemampuan untuk melayani banyak pengguna sekaligus, yang mungkin sampai 100.000 pengguna secara bersamaan seperti Game Clash Of Clans. Beberapa open source game server ini patut dicoba: gamemachine, KBEngine, dan Nugetta.

3. Game Engine
Dibutuhkan Game Engine untuk memudahkan kita membuat game. Tentu saja kita bisa mengembangkan sendiri game dari dasar, tetapi hal tersebut akan menghabiskan waktu. Ini beberapa Game Engine yang dapat dipakai: LibGDX, Unity3D, OGRE, Cocos2d-x.

Nah, ketiga hal inilah yang perlu kita kuasai sebelum mengembangkan game. Memang selain ketiga hal tersebut adalah hal terpenting yang sengaja saya tidak cantumkan, yakni Ide. Mengapa saya tidak cantumkan? Karena tidak mungkin mengembangkan game tanpa memiliki ide akan game apa yang ingin dihasilkan bukan?.

Selamat membuat game..:) ;)




sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/Game_engine

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: