Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 08 Oktober 2015

Perkataan Motivator Tidak Akan Mengubah Anda

by Joielechong sipayung  |  in Personal Building at  Kamis, Oktober 08, 2015


Mungkin pembaca akan merasa aneh jika membaca judul artikel ini. Mengapa saya yang getol menulis artikel yang memotivasi diri saya dan orang lain malah mengatakan Motivator tidak akan mengubah diri kita?. Jadi apa sebenarnya yang dapat mengubah diri kita?

Saya bukan orang yang membenci motivasi dan motivator, malahan saya sangat gemar dengan motivasi dan punya visi ke depan menjadi seorang motivator yang jujur dan berbicara berdasarkan pengalaman pribadi saya yang nyata, bukan sekadar pengalaman orang lain yang saya dapat dari buku. Motivasi itu penting dan baik. Tetapi motivasi yang kita terima dari motivator tidak akan bertahan lama. Motivasi tersebut hanya mengubah kita sesaat. Dan ketika masalah terus-menerus datang, kita akan kembali pada pola hidup kita yang lama dan menganggap motivasi yang kita terima itu hanya merupakan impian semata dan hanya segelintir orang yang mampu menerima manfaatnya.


Mengapa Motivasi Tidak Bertahan Lama
Motivasi punya kemampuan untuk membuka wawasan tentang peluang dan potensi yang ada pada diri kita.Tetapi karena motivasi berasal dari faktor eksternal, yakni motivator, maka hal tersebut tidak akan bertahan lama. Motivator itu sama halnya dengan seorang pelatih yang baik di dalam sebuah tim sepakbola. Tiap anggota tim akan memiliki semangat dan kepercayaan yang tinggi dikarenakan motivasi dari pelatih. Semakin pelatih bersemangat maka semakin bersemangat pula. Tetapi di saat musim pertandingan berakhir dan pelatih harus kembali ke kampung halamannya, maka semangat dan kepercayaan tim pun ikut pergi bersama pelatih. Motivasi yang diberikan pelatih tidak melekat pada pemain karena para pemain mengandalkan pelatih dalam hal tersebut. Semangat dan percaya diri yang tinggi lalu hilang dan digantikan dengan semangat dan percaya diri lama yang dimiliki para pemain.

Kita tidak bisa mengandalkan faktor eksternal untuk memberikan kita semangat dan kepercayaan diri. Faktor eksternal tidak bertahan lama. Dengan bergantung pada faktor eksternal berarti kita melepaskan tanggung jawab yang harus kita miliki untuk diri kita sendiri.

Memotivasi Diri Sendiri
Untuk mengubah diri, kita harus menjadi "motivator" diri kita sendiri. Untuk itu, kita perlu untuk senantiasa memberikan kata-kata yang membangun diri. Membangun kepercayaan diri kita dari dalam. Kita perlu "berbicara" pada diri sendiri dan memberikan kata-kata yang membentuk pola pikir yang benar. Berhenti mengatakan bahwa kita tidak mampu. Berhenti mengatakan bahwa kita akan jadi lebih baik nantinya. Tetapi mulailah mengatakan pada diri sendiri bahwa kita orang yang bersemangat dan penuh percaya diri. Dan selalu berbicara kepada diri sendiri bahwa kita ini berharga dan layak untuk hidup lebih baik.

Motivator dan motivasinya itu perlu. Motivasi dari faktor eksternal itu penting untuk memberikan kita semangat di awal. Tetapi faktor yang menentukan adalah faktor internal, yakni diri kita sendiri. Kitalah yang menentukan apakah motivasi itu penting dan layak bagi kehidupan dan perkembangan pribadi yang kita jalani. Kitalah yang mengambil keputusan untuk hidup yang kita jalani. Motivator dan motivasi hanyalah penggerak awal.




sumber gambar: http://writetojoncook.org/2015/05/04/cant-create-motivation/

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: