Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 19 Januari 2016

Bersikap bodoh itu pintar dan bersikap pintar itu bodoh

by Joielechong sipayung  |  in Pengembangan Diri at  Selasa, Januari 19, 2016


Terkadang berlagak bodoh itu lebih baik daripada berlagak pintar, karena orang yang berlagak bodoh memiliki elemen kejutan karena dianggap sepele oleh orang lain. Berlagak pintar sebaliknya malah memberikan efek buruk karena orang yang berlagak pintar cenderung sok tahu semuanya, dan biasanya orang yang berlagak pintar cenderung memberikan informasi yang berlebihan yang seharusnya orang lain tidak perlu tahu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekalipun kita memiliki kepintaran di atas rata-rata, kita kemungkinan melakukan kesalahan ketika mencoba menyelesaikan sebuah masalah sederhana karena penyimpangan penilaian. Hal ini dikenal sebagai "bias kognitif".

Untuk menghasilkan kesimpulan ini, sebuah tim peneliti dari Universitas Toronto memberikan 482 mahasiswa sebuah kuisoner persoalan bias klasik untuk diselesaikan. Satu contoh pertanyaannya adalah berikut ini:
Sebuah tongkat pemukul dan bola seharga satu dollar dan 10 sen. Tongkat pemukulnya seharga satu dollar lebih dari bolanya. Berapakah harga bolanya?
Jika anda tergesa-gesa, anda mungkin akan menjawab harga bolanya 10 sen. Tidak: harganya 5 sen. Jika anda menjawab salah, berarti otak anda mengambil jalan pintas karena menganggap jawabannya masuk akal, tetapi mengabaikan perhitungan matematikanya. (Jika anda beranggapan tiap orang yang menjawabnya orang bodoh, silahkan dengar faktanya: lebih dari 50 persen mahasiswa Harvard, Princeton, dan M.I.T memberikan jawaban yang salah)

Sok Tahu
Sering sekali kita malah berlagak sok tahu dan akhirnya terperangkap dalam kebodohan sendiri. Kita gagal mengenali kekurangan kemampuan/skill yang dimiliki. Gagal mengenali batasan pengetahuan sendiri. Dan gagal mengenali kemampuan/skill yang orang lain miliki.

Daripada berlagak sok tahu yang malah akhirnya mempermalukan diri sendiri, lebih baik kita diam dan melakukan yang terbaik yang bisa kita berikan tanpa perlu mengumbar-ngumbar kemampuan dan pengetahuan yang kita miliki.



Referensi:
1. Why Smart People Are Actually Dumb
2. Dunning–Kruger effect
3. Dumb is Smart and Smart is Dumb


Sumber gambar: http://tvtropes.org/pmwiki/posts.php?discussion=1316766923044417300&page=3

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: