Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 23 Januari 2016

Empati

by Joielechong sipayung  |  in Pengembangan Diri at  Sabtu, Januari 23, 2016


Hampir mustahil bagi kita untuk merasakan penderitaan orang lain jika kita tidak pernah merasakannya. Seorang pria tidak bisa memahami bagaimana rasanya nyeri haid pada wanita, hanya wanitalah yang mengerti. Tidak mungkin kita bisa mengerti rasanya tidak memiliki uang jika seumur hidup kita selalu berkelimpahan. Bagaimana mungkin kita merasakan bagaimana kelaparan jika kita sama sekali tidak pernah kekurangan makanan?

Kita mulai kehilangan empati pada orang lain. Tentu saja, karena umumnya kita terlalu mementingkan diri sendiri dan mengurangi intensitas dalam berhubungan dengan orang lain. Kita hidup untuk diri kita sendiri.

Menjadi seorang yang berhasil dengan mengutamakan kepentingan diri sendiri menjadi hal yang usang sekarang ini. Golden Rule lah yang saat ini membuat kita bisa berhasil. Lakukan apa yang terbaik yang bisa kita lakukan pada orang lain dan lingkungan, maka semuanya itu akan kembali kepada kita berlipat ganda. Egoisme sudah menjadi hal yang kuno dan tidak bermanfaat, altruisme sekarang yang menjadi trend.

Sama seperti hukum fisika Newton di mana ada aksi di situ ada reaksi, seperti itu juga kehidupan kita, disaat kita memberikan kontribusi kepada orang lain dan lingkungan kita, maka secara otomatis orang lain dan lingkungan akan memberikan kembali kontribusi pada diri kita. Dan yang lebih hebatnya, kontribusi kembali yang diberikan orang lain dan lingkungan berlipat ganda daripada yang kita berikan.

Kita harus memberikan yang terbaik yang bisa kita lakukan untuk orang lain. Jangan menahan-nahan potensimu.

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: