Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 18 Januari 2016

Hidup itu sederhana

by Joielechong sipayung  |  in Opini at  Senin, Januari 18, 2016

Hidup itu sederhana. Kita aja yang sering membuatnya rumit. Coba pikirkan saja, hidup yang kita jalani seharusnya tidak terlalu sulit, cuma makan, minum, cari pekerjaan untuk memenuhi keperluan sandang dan pangan, beragama, dan melakukan yang terbaik di dalam prosesnya. Cukup sederhana kan?

Trus bagaimana dengan masalah dan kesulitan, masa depan, dan uang?. Menurut saya (ini menurut saya yah, opini gitu), hal-hal tersebut cuma tambahan aja, gak lebih. Mengapa mesti takut sama itu, toh semuanya pasti bisa dilalui, toh palingan efek yang paling besar cuma mati kan?, dan efek terbesar tersebut paling jarang terjadi, kecuali di daerah yang terkena wabah kelaparan. Kalau kita punya iman yang kuat, kematian itu bukan hal yang menakutkan. Bahkan kematian menjadi sebuah kegembiraan yang meluap-luap, karena orang yang punya iman percaya bahwa ia memiliki janji keselamatan melalui hidup setelah kematian.

Pendapat saya tersebut mungkin kelihatan seperti optimisme yang berlebihan. Mungkin saja. Namun, mari kita kembali berpikir. Apakah tanpa optimisme ada pengaruh berarti bagi kehidupan kita? Apa dengan kuatir dapat mengubah kehidupan kita? Tentu saja tidak. Orang-orang yang sukses hampir tidak memiliki kekuatiran dalam hatinya,  itu sebabnya mereka sukses.

Perlu saya tekankan, optimisme yang saya maksud bukan optimisme yang tanpa arah tetapi optimisme yang jelas dan terarah. Orang-orang yang optimis mempunyai tujuan dan arah yang jelas di hidupnya. Mereka punya blueprint yang jelas akan masa depannya.

Jangan kuatir akan masa depanmu, sebab kekuatiran tidak menambah sehasta pun untuk umurmu.

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: