free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 26 Januari 2016

Menggunakan Array pada Java

by Unknown  |  in pemrograman at  Selasa, Januari 26, 2016

Saya sering berurusan dengan array waktu coding memakai bahasa Java, tapi sering sekali saya lupa mempergunakan array. Malah saya lebih sering mempergunakan ArrayList karena kemudahannya walau sebenarnya ArrayList jauh lebih boros penggunaan memori daripada array.

Hal yang membuat saya sering memilih ArrayList daripada array primitif karena dalam pikiran saya tertanam pendapat bahwa array harus dideklarasikan bersama dengan ukurannya. Contohnya, jika kita ingin membuat array dari int dengan ukuran 10, maka kita harus menuliskan kode program berikut ini:
 int[] arrayInt = new int[10];  
Ternyata saya salah!



Rupanya kita bisa juga mendeklarasikan array tanpa perlu menetapkan ukurannya seperti ini:
 int[] arrayInt;  
Lalu saat konfigurasi, kita bisa menetapkan ukurannya seperti ini:
 arrayInt = new int[10];  
Selain itu, kita juga bisa menentukan nilai dan ukuran dari array secara langsung seperti ini:
 int[] arrayInt = {1,2,3};  
Jadi kesimpulannya kita bisa menentukan array primitif seperti kode di bawah ini:
 int[] arrayInt = new int[3];  
 int[] arrayInt = {1,2,3};  
 int[] arrayInt = new int[]{1,2,3};  
Dan untuk array dari kelas, seperti String, sama saja:
 String[] arrayString = new String[3];  
 String[] arrayString = {"a","b","c"};  
 String[] arrayString = new String[]{"a","b","c"};  


Penggunaannya
Untuk contoh penggunaannya array dalam program dapat dilihat dari kode di bawah ini:

Selamat berprogramming ria...;)



sumber gambar: https://en.wikipedia.org/wiki/Java_(programming_language)

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: