Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 31 Januari 2012

Rekomendasi Buku Untuk Desain GUI

by Joielechong sipayung  |  in Ebook at  Selasa, Januari 31, 2012

Inilah beberapa buku yang dapat kita jadikan sebagai referensi pembuatan GUI:


1. The Design of Everyday Things oleh Donald A Norman


Buku teks yang menghibur dan mencerahkan ini mengeksplorasi kelemahan desain dari benda-benda umum - dari oven microwave dan jam tangan digital sampai pintu dan kran air. Meskipun tidak secara khusus merupakan buku GUI, banyak konsep yang disajikan berkaitan dengan desain perangkat lunak yang efektif. Dijamin Anda tertawa terbahak-bahak setidaknya sekali, saat membaca buku ini. Buku memberikan Anda perspektif yang sama sekali berbeda dari umum mengenai benda sehari-hari.









2. About Face: The Essentials of User Interface Design oleh Alan Cooper


Menurut Alan Cooper, kita harus berhenti menyalahkan end-user untuk masalah kegunaan perangkat lunak. Daripada membangun perangkat lunak untuk ahli komputer, tujuan kita harus membangun "Ahli" GUI. Selain perspektif filosofis pada desain GUI, "About Face" juga menyediakan beberapa bab pembahasan dan pedoman desain praktis.










3. The Inmates are Running the Asylum oleh Alan Cooper

Haruskah programmer diijinkan untuk desain GUI? Alan Cooper menanyakan beberapa pertanyaan sulit dan berpotensi memalukan tentang perbedaan perspektif antara programmer dan pengguna. Membangun banyak tema-tema yang ditemukan dalam "About Face", buku ini menawarkan lebih banyak mutiara hikmah dari salah satu yang paling berpengaruh - dan sering kontroversial - ahli desain GUI.










4. Designing for the User with OVID oleh Dave Roberts, dkk

Sebuah panduan praktis untuk siapapun yang tertarik dalam menerapkan metode berorientasi obyek untuk desain GUI. Menekankan pendekatan iteratif, buku ini juga memberikan gambaran yang bermanfaat dari proses desain GUI keseluruhan - dari persyaratan-berkumpul untuk evaluasi desain akhir. Sebuah contoh desain langkah-demi-langkah disajikan sehingga pembaca dapat melihat bagaimana teknik OOD yang disajikan dapat diterapkan untuk aplikasi dunia nyata.









Sebuah pengantar pemikiran dan benar-benar dibaca untuk konsep desain GUI mendasar. Jika Anda baru untuk teori desain GUI, buku ini sesuai sebagai pengenalan yang sempurna.















6. . Tog on Interface oleh Bruce Tognazzini

Seorang perancang kunci dari tim desain Apple Macintosh asli GUI, Bruce Tognazzini, menyajikan dan mencerahkan sekilas dalam perspektif desain yang unik. Perlu dicatat bahwa banyak artikel awalnya ditulis untuk jurnal pengembang perangkat lunak Apple. Oleh karena itu, beberapa bagian cenderung sedikit Mac-sentris dalam fokus mereka. Namun, prinsip-prinsip yang mendasarinya sangat kokoh, dan dapat diterapkan untuk setiap aplikasi GUI dan platform.









Sebuah desain GUI yang komprehensif  disertai banyak panduan dengan contoh-contoh praktis. Nilai tertentu adalah "sebelum dan sesudah" menangkap layar menunjukkan prinsip-prinsip kunci dalam tindakan. Jika Anda mencari pedoman padat praktis yang dapat Anda gunakan sebagai dasar untuk styleguide Anda sendiri atau GUI dokumen standar, buku ini adalah pilihan ideal.










8. Designing the User Interface oleh Ben Shneiderman

Salah satu buku yang paling dihormati dan sering dikutip pada prinsip-prinsip dasar desain GUI. Ditulis dalam gaya buku teks, buku ini memakai referensi dan makalah studi penelitian yang tak terhitung jumlahnya. Meskipun beberapa mungkin merasa gaya buku ini terlalu akademis, dan lebih suka yang lebih "how-to", hand-ons materi, buku ini tetap menjadi salah satu teks otoritatif tentang masalah teori GUI.










9. GUI Design Essentials oleh Susan Weinschenk, dkk

Sebuah buku praktis menguraikan proses langkah-demi-langkah desain GUI. Beberapa sumber daya yang berguna termasuk: pedoman, checklist, dan template - termasuk template User Interface Design Document template. Topik lainnya termasuk pengujian kegunaan, standar dan pedoman GUI, pertimbangan desain web, dan banyak lagi.











10. Usability Engineering oleh Jakob Nielsen

Dari salah satu pemimpin terkemuka dari desain interaksi, buku ini memberikan saran-saran praktis tentang beberapa topik. Bagian yang berguna dapat ditemukan pada kegunaan metode murah dan efektif yang dapat diadopsi oleh perusahaan-perusahaan kecil, serta bagian tentang mempersiapkan tes kegunaan. Sebuah, pengantar padat mengenai rekayasa kegunaan.











11. User and Task Analysis for Interface Design oleh J. Hackos dan J. Redish

Dalam rangka membangun user interface yang efektif, kita jelas harus memahami pengguna, tujuan mereka, dan persyaratan tugas. Buku ini dikhususkan untuk analisis tugas - proses sepenuhnya memahami tujuan dari sistem kita merancang. Sarat dengan contoh-contoh praktis dan studi kasus, buku ini merupakan sumber tak ternilai bagi setiap desainer GUI.

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: