Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 30 Mei 2012

Biji Sesawi

by Joielechong sipayung  |  in Tumbuhan at  Rabu, Mei 30, 2012

Terpikir tentang biji sesawi (diwaktu refleksi diri singkat). Jadi saya tuliskan tentang biji sesawi tersebut.
Banyak orang berbicara tentang biji sesawi, tetapi ternyata tidak mengenal apa itu biji sesawi dan sering salah berpikir bahwa biji sesawi bukan merupakan bagian tanaman sawi.

Biji Sesawi merupakan biji berbentuk bulat kecil dari berbagai tanaman sesawi. Biji ini berukuran 1 atau 2 mm. Biji dapat berasal dari tiga tanaman berbeda: sesawi hitam (Brassica nigra), sesawi coklat india (B. juncea), dan sawi putih (B. hirta / Sinapis alba). Apabila biji-biji sesawi ditempatkan dalam botol, maka kita dapat memperkirakan besarnya:


 


Biji sesawi biasa dipakai sebagai bahan penyedap makanan dan merupakan rempah-rempah penting dalam makanan di beberapa tempat. Di bagian benua Indian, biji sesawi bahkan langsung digoreng pada minyak; biji-biji itu cepat masak dalam minyak dan meletus menebarkan aroma dan rasa sedap pada minyak. Biji sesawi mengandung pelbagai macam vitamin: A, Thiamin (B1), Riboflavin (Vit. B2), Niacin (Vit. B3), B6, Folate (Vit. B9), B12, C, E, K; juga mengandung protein, energi, karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, phosphorus, potassium, sodium, zinc, dll.


Hampir semua bagian tanaman sesawi dapat digunakan dan daunnya dapat direbus dan dimakan sebagai sayuran. Tanaman sesawi sangat mudah tumbuh dan tidak memerlukan banyak perhatian, namun, kebutuhan pokok akan sinar matahari dan air dalam jumlah yang tepat adalah suatu keharusan bagi tanaman sesawi. Ukuran tanaman sawi biasanya antara 35 sampai 40 inci, tergantung pada lingkungan, pupuk yang digunakan, dan perawatan yang tepat tanaman.
Dengan bantuan teknik elektronik modern, para ilmuwan telah menemukan bahwa biji sesawi memiliki kekuatan luar biasa dan itulah alasan mereka telah digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun. Menurut penelitian, biji sesawi kecil, yang hanya bergaris tengah 1 milimeter, menghasilkan medan bio-energi dengan jari tengah 100 milimeter! Medan energi ini mengaktifkan proses biokimia tubuh dan mendorong proses penyembuhan. Karena bio-energi benih sesawi, seperti medan energi manusia, benih membantu untuk membuat kita tetap sehat dan bugar!.

Ohh, tambahan.... Biji sesawi ternyata bukan biji yang terkecil.


sumber:
1. http://www.buzzle.com/articles/mustard-plant-facts.html
2.  http://en.wikipedia.org/wiki/Mustard_plant
3.  http://www.odu.edu/~lmusselm/plant/bible/mustard.php
4.  http://www.indocell.net/yesaya/pustaka/id531.htm

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: