Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 18 Oktober 2012

Mengapa Ayam Jantan Berkokok Malam Hari

by Joielechong sipayung  |  in Opini at  Kamis, Oktober 18, 2012

Dari beberapa artikel yang saya baca, banyak yang mengaitkan berkokoknya ayam jantan pada malam hari dengan agama. Dan semua artikel terkait itu berasal dari artikel tulisan orang Indonesia. Inilah kelemahan kita sebagai orang Indonesia, kebanyakan berpikir dari sudut pandang agama, apa-apa harus ditinjau dari agama.....hmmmm....

Mari berlogika :D

Mengutip dari buku When Do Fish Sleep?oleh David Feldman:
"Sebagian besar berkokok berlangsung di pagi hari, seperti halnya kebanyakan menyanyi, karena pada saat itulah burung-burung yang paling aktif, dan sebagian besar iklan teritorial terjadi kemudian. Banyak vokalisasi lain yang terdengar sepanjang hari adalah untuk jenis komunikasi lainnya, termasuk panggilan berkelompok, yang berfungsi untuk menjaga anggota dari kawanan untuk tetap bersama-sama dan berhubungan jika mereka keluar dari pandangan satu sama lain." 
Sebenarnya ayam jantan dapat berkokok kapan saja ia mau, beberapa ayam jantan berkokok secara konstan, beberapa lagi hanya berkokok sesekali dalam satu hari. Hal ini tergantung dari jenis dan kepribadian sang ayam. Pada beberapa jenis, ada yang tidak berkokok pada malah hari.

Jadi mengapa ayam jantan kelihatannya terkadang berkokok di malam hari? Ini dikarenakan pada malam hari merupakan jam istirahat bagi manusia, sehingga kokokan ayam sangatlah jelas terdengar, yang menganggu waktu istirahat  manusia.




Semoga gambar ini menyejukkan sedikit pembahasan kita
http://thefunnypicspage.com/9053/rooster-cat/

























Have a nice day... :D ;)




referensi:




0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: