Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 24 Juni 2013

Kamus Android

by Joielechong sipayung  |  in pemrograman at  Senin, Juni 24, 2013


Kamus Android

Inilah beberapa definisi yang terdapat pada Lingkungan Android


Definisi dirujuk dari Android Developer Guide dan kamus FreeYourAndroid.com.


.apk
Berkas paket aplikasi Android. Setiap aplikasi Android dikompilasi dan dikemas dalam satu berkas yang mencakup semua kode aplikasi ( yakni berkas .dex), resources, assets dan berkas manifest. Berkas paket aplikasi dapat memiliki nama apapun tetapi harus menggunakan ekstensi .apk. Sebagai contoh: contohAplikasi.apk. Untuk memudahkan, berkas paket aplikasi sering disebut sebagai ".apk".

.dex 
Dalvik executable. Tersusun dari berkas kode aplikasi. Program Android dikompilasi ke dalam berkas .dex, yang kemudian dikemas menjadi sebuah berkas .apk pada perangkat. Berkas .dex dapat dibuat secara otomatis dengan menerjemahkan aplikasi yang terkompilasi dalam bahasa pemrograman Java.

adb
Android Debug Bridge, sebuah aplikasi debugging di command-line yang disertakan dengan SDK. Aplikasi ini menyediakan alat untuk menelusuri, salin, dan forward port debugging. Jika Anda mengembangkan aplikasi di Eclipse menggunakan Plugin ADT, adb telah terintegrasi ke dalam lingkungan pengembangan Anda.

Berkas AndroidManifest.xml
Setiap aplikasi harus memiliki berkas AndroidManifest.xml (dengan nama tepat seperti ini) dalam direktori root dari pohon source code. Manifest menyajikan informasi penting tentang aplikasi untuk sistem Android, yang merupakan informasi yang harus dimiliki sistem sebelum dapat menjalankan kode aplikasi.

Boot
Berbeda dengan sistem operasi berbasis Linux lainnya, Android memiliki partisi boot (yang mengandung isi dari berkas boot.img), sebagai kebalikan dari sistem direct-boot. Partisi ini berisi 'ramdisk' read-only, dan beberapa berkas lainnya. Ramdisk berisi berkas penting untuk boot, seperti init.rc dan default.prop. 'Partisi' ini sebenarnya menyiapkan struktur direktori perangkat, seperti direktori /data, /dev, /proc, /sbin, /sys dan /system.

Bootloader
Bootloader adalah firmware pada perangkat yang berjalan pada setiap startup. Kadang-kadang mungkin perlu untuk mengubah versi bootloader, atau untuk memuat bootloader yang sama sekali berbeda untuk mengaktifkan fitur yang berbeda atau OS yang sama sekali berbeda. Versi saat ini dari bootloader dapat dilihat dengan masuk ke mode bootloader, dimana proses masuk ke mode ini berbeda untuk setiap perangkat atau produsen.

Dalvik 
Mesin virtual platform Android. Dalvik VM adalah mesin virtual yang hanya bersifat interpreter yang mengeksekusi berkas dalam format Dalvik executable (.dex), yakni format yang dioptimalkan untuk penyimpanan yang efisien dan eksekusi memori-terpetakan. Mesin virtual ini berbasis pendaftaran, dan dapat menjalankan kelas yang dikompilasi oleh kompiler bahasa Java yang telah diubah menjadi format native menggunakan perangkat "dx" yang disertakan pada VM. VM berjalan di atas sistem operasi POSIX-compliant, sebagai basis fungsionalitas yang mendasari (seperti manajemen thread dan manajemen memori tingkat rendah). Pustaka kelas inti dari Dalvik dimaksudkan untuk memberikan basis pengembangan yang familiar bagi mereka yang biasa memrogram dengan Java Standard Edition, tetapi pustaka ini dikembangkan khusus untuk kebutuhan perangkat mobile kecil.

Data
Partisi data pada perangkat yang berisi data pengguna terkait, seperti aplikasi yang diinstal dan pengaturan untuk aplikasi tersebut, serta basis data SQLite Anda yang berisi pengaturan Android dan pesan-pesan. Biasanya, direktori /data/app di luar batas perintah 'adb shell' serta aplikasi terminal lain yang dapat dijalankan pada perangkat, karena direktori ini berisi berkas .apk untuk aplikasi. Pada perangkat yang di-root, dengan menggunakan perintah 'su' akan memungkinkan akses penuh ke partisi ini. Partisi ini dapat di-flash dengan menggunakan Fastboot atau Nandroid.

Deodex 
Deodex adalah proses memadukan unsur-unsur aplikasi yang telah dioptimalkan yang ditemukan pada berkas .odex dan mengompresi mereka ke dalam berkas apk dengan sisa aplikasi. Alasan utama untuk melakukan hal ini adalah untuk memungkinkan themer aplikasi dan ROM mengedit grafis dan pengaturan dalam aplikasi, dimana tidak dapat dilakukan pada berkas .odex. Sebenarnya tidak ada alasan lain untuk deodex aplikasi dan/atau ROM selain untuk memungkinkan pengtemaan atau modifikasi dari sebuah aplikasi yang akses ke source code-nya tidak dapat dilakukan.

Fastboot 
Fastboot adalah sarana yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan atau flash berkas img ke perangkat mereka. Beberapa perangkat dan/atau bootloader memungkinkan akses ini, sementara yang lainnya tidak. Semua perangkat bermerek Nexus memungkinkan akses seperti ini ketika di-unlock.

Flash
Flashing adalah proses menulis data ke memori internal pada perangkat Anda. Normalnya, Anda akan flashing image ROM ke perangkat untuk mendapatkan versi yang berbeda dengan perangkat lunak sistem ponsel Anda. Flashing juga dapat berarti memperbarui/menulis ke bagian lain dari perangkat, seperti SPL, Radio dll

Flash Memory
Flash memory, juga dikenal sebagai memori NAND, bersifat nonvolatile - dimana informasi yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang meskipun perangkat dimatikan. Flash memory dalam perangkat setara dengan hard drive di komputer. Di sinilah sistem operasi perangkat (kadang-kadang disebut firmware) dan aplikasi disimpan. Flash memori lebih lambat dari RAM, tapi (hampir selalu) lebih cepat daripada kartu SD.

Market (Play Store)
Market Android adalah tempat di mana Anda dapat membeli atau men-download aplikasi untuk perangkat Anda. Ketika Anda men-download melalui market, proses instalasi transparan (seolah-olah Anda tidak berurusan dengan berkas APK sendiri), dan ada fasilitas untuk menilai dan memberikan komentar yang dapat dilihat oleh pengguna lain. Sering sekali, para pengembang aplikasi benar-benar menerima umpan balik dari komentar.
Ketika sebuah aplikasi diinstal dari market, ia disalin ke '/data/app/apkname.apk', sebagai tindakan 'memasang', sebuah aplikasi dapat menyimpan data dalam folder '/ data/data/apkname'. Untuk menghapus data yang disimpan oleh sebuah aplikasi, dapat digunakan fitur kelola aplikasi dalam Pengaturan|Aplikasi|Kelola Aplikasi.

Nandroid
Nandroid digunakan untuk mem-backup atau me-restore backup dari Recovery. Anda dapat memilih untuk melakukan backup secara teratur (hanya Perangkat) atau cadangan + sd-ext (Perangkat + Apps2SD ext.) Keduanya akan melakukan backup seluruh sistem Anda, yang kedua akan mencakup aplikasi yang disimpan di sdcard external anda.

Sembilan patch / 9-patch / Gambar Ninepatch
Sebuah sumber daya bitmap resizeable yang dapat digunakan untuk latar belakang atau gambar lain pada perangkat.

Odex 
Odex singkatan dari berkas "Optimize Dalvik executable". Sistem Android menggunakan data terkompresi yang disimpan dalam berkas .apk pada saat runtime. Untuk mempercepat proses runtime ini, elemen yang paling penting dari aplikasi akan ditempatkan terkompresi dalam sebuah berkas .odex sehingga memungkinkan OS Android dengan cepat menafsirkan informasi penting sebelum melanjut pada sisa aplikasi. Stock ROM dari produsen berbentuk "odexed", yang berarti bahwa aplikasi akan memiliki berkas .Apk dan berkas .odex, sebagai contoh Calendar.apk dan Calendar.odex.


Recovery
Partisi Recovery adalah mode boot pada perangkat Anda yang memungkinkan Anda untuk menghapus pengaturan Anda dari partisi data perangkat (hard wipe), atau melakukan update menggunakan berkas update.zip pada root kartu microSD. Sangat umum (meskipun tidak diperlukan) untuk flash image recovery yang sudah dipatch, seperti TWRP atau ClockworkMod Recovery. Recovery seperti ini memungkinkan Anda untuk menjalankan backup Nandroid dari perangkat, dan flash modifikasi, seperti berkas ke perangkat, yang pada dasarnya menjadi sarana untuk memasang perangkat lunak ke perangkat. Mode recovery terpisah dari mode 'normal', dan dapat diakses dengan menekan tombol Home saat menyalakan perangkat.


ROM 
ROM secara harfiah "read-only memory" (berarti memory hanya-baca) tetapi penggunaannya telah berubah seiring waktu. Sekarang ini ROM dapat merujuk ke daerah non-volatile dari perangkat memori flash dimana data hanya-baca berada atau image yang dikemas yang akan ditulis pada daerah flash tersebut.

Root
Root adalah nama dari tingkat tertinggi superuser (su) pada sistem Unix-like seperti Android. User root, dan aplikasi yang dijalankan oleh root, memiliki akses administratif untuk berkas dan service yang dilindungi sehingga membuatnya berbahaya untuk penggunaan normal sehari-hari.

Perangkat ter-Rooted adalah salah satu perangkat yang telah di-hack untuk memberikan eskalasi hak istimewa dari pengguna standar menjadi superuser. Rooting perangkat biasanya merupakan langkah pertama dalam menginstal cooked ROM.

S-OFF/S-ON 
Hal ini merujuk kepada buka/kunci drive NAND. HTC mengunci NAND pada perangkat mereka untuk mencegah menulis ke partisi sistem. S-OFF umumnya dapat diperoleh dengan mengeksploitasi, dengan flashing suatu SPL rekayasa, atau dengan menggunakan proses yang diletakkan oleh HTC.

Service
Sebuah objek Layanan kelas yang berjalan di latar belakang (tanpa kehadiran UI) untuk melakukan berbagai aksi persisten, seperti bermain musik atau kegiatan network monitoring.

SPL
Secondary Program Loader adalah sepotong bootcode yang memulai startup perangkat,menampilkan splash screen awal untuk perangkat, dan memuat berkas awal dari ROM.

Ia memeriksa untuk melihat apakah kombinasi tombol ditekan pada bootup (seperti akses ke Mode Recovery atau bootloader), dan memuat perangkat lunak sistem yang relevan. Jika tidak ada instruksi khusus diberikan dengan menahan tombol kunci, bootloader akan memuat perangkat lunak sistem normal dengan menginisialisasi proses boot dari partisi boot.

Flashing SPL berisiko, karena kegagalan proses mungkin akan mengakibatkan rusak, atau perangkat brick, karena SPL dijalankan sangat awal dalam proses boot, dan kesalahan di sini akan mencegah akses ke Recovery atau fitur bootloader.

Jika Anda lampu kilat SPL meskipun, membuka Carrier-ID CID dari perangkat, pada dasarnya
Stock
Istilah stock sering digunakan untuk merujuk ke berkas atau bagian dari perangkat lunak yang belum dimodifikasi atau belum disentuh oleh pengembang. Sebagai contoh, sebuah stock ROM yang diproduksi oleh HTC atau Samsung dan yang belum diubah atau di-root oleh seseorang.

SU 
su (pengguna pengganti) adalah perintah Linux yang ketika dijalankan tanpa parameter nama pengguna, memberikan pengguna akses penuh 'root'. Secara default, perintah biner ini (yakni setara berkas eksekusi di Linux) tidak disertakan pada sistem Android, tetapi didapatkan melalui proses "rooting" perangkat dimana berkas ini akan disalin ke direktori '/system/bin/'. Karena akses root dapat disalahgunakan oleh aplikasi berbahaya, sangat dianjurkan untuk menginstal sebuah aplikasi untuk memberikan dan mengelola akses ke su, mirip dengan UAC pada Windows. Banyak ROM menyertakan aplikasi yang disebut "SuperSU" untuk hal ini.

System
Direktori /system pada perangkat Anda merupakan tempat dimana perangkat lunak operasional utama untuk OS Android disimpan. Ia memiliki sejumlah sub-direktori dimana direktori /system/apps (dimana aplikasi .apk disimpan) mungkin adalah satu-satunya yang diperlukan pengguna untuk diakses. Direktori /system secara default bersifat read-only. Untuk memungkinkan akses tulis diperlukan proses remounted melalui 'adb'.

Update.zip
Sebuah update.zip (tidak harus benar-benar disebut update.zip jika Anda memiliki image recovery yang sudah dipatch) adalah berkas yang berisi beberapa berkas yang akan disalin ke memori internal perangkat. Biasanya, update sistem baru atau ROM disimpan dalam berkas ini, tetapi terkadang berkas update.zip ini digunakan untuk menginstal modifikasi seperti tema atau aplikasi yang diinstal pada partisi system untuk mencegah deinstalasi.

Berkas update.zip ditandatangani secarai kriptografis. Informasi lebih lanjut tentang cara untuk menandatangani berkas Anda sendiri dapat ditemukan secara online.

Zipalign
Zipalign adalah alat keselarasan arsip yang menyediakan optimasi penting untuk berkas aplikasi Android (.apk). Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua data terkompresi dimulai dengan keselarasan tertentu relatif terhadap awal berkas. Secara khusus, hal ini menyebabkan semua data terkompresi dalam .apk, seperti gambar atau berkas mentah, harus diselaraskan pada batas 4-byte. Manfaatnya adalah pengurangan jumlah RAM yang dikonsumsi ketika menjalankan aplikasi.


Untuk informasi lebih lanjut kunjungi Android Developer Guide dan kamus FreeYourAndroid.com.

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: