Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 17 Oktober 2013

Pentingnya Peran Orang tua dalam kehidupan Anak-anak

by Joielechong sipayung  |  in Wise Agenda at  Kamis, Oktober 17, 2013


Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Kehidupan Anak-Anak


Keluarga Bahagia*

Pentingnya Peran Orang Tua Bagi Anak

Orang tua punya peranan yang sangat besar dalam perkembangan anak-anak. Gaya hidup, cara berbicara, cara berjalan, bahkan hobi orang tua cenderung ditiru oleh anak-anak mereka dan sering sekali menjadi kemiripan yang dimiliki anak dari orang tuanya. Anak-anak selalu meniru perilaku orang tua dan sering diimprovisasi oleh anak-anak yang merupakan suksesor orang tua. Oleh karena itu peribahasa “guru kencing berdiri murid kencing berlari” sangatlah sesuai dengan keadaan ini. Apa yang dilakukan orang tua akan ditiru dan dikembangkan oleh anak.

Di saat anak-anak kehilangan figur orang tua, maka anak akan mencari penggantinya yang biasanya merupakan orang terdekat mereka. Makanya di banyak keluarga dengan orang tua yang keduanya bekerja, anak-anak lebih dekat dengan orang yang tinggal untuk menjaga mereka, yang sayangnya biasanya adalah pembantu rumah tangga atau jika beruntung adalah Kakek atau Nenek dari anak-anak. Jadi wajar saja kalau anak-anak mengabaikan perintah orang tua, karena “orang tua” bagi anak bukan orang tua yang sebenarnya tetapi orang yang terdekat padanya.

Tingkat Nilai Diri Anak

Anak menilai tingkat kepentingan sesuatu dari cara orang tua menilai tingkat kepentingan sesuatu. Jika orang tua lebih mementingkan karir daripada yang lain, maka anak akan menilai bahwa karirlah yang lebih penting daripada yang lain. Jika orang tua menilai uang merupakan hal terpenting, maka anak akan ikut menilai bahwa uanglah yang menjadi hal terpenting di dalam keluarga. Nah, efek buruknya dari hal ini adalah anak akan menilai dirinya lebih rendah dari hal-hal tersebut; karir dan uang. Alhasil anak akan dibentuk menjadi pribadi yang memiliki nilai diri yang rendah.

Gadget seperti smartphone, tablet, dan game portable turut mengurangi waktu orang tua dengan anak. Gadget akan membuat orang tua tua menghabiskan waktu yang seharusnya dapat digunakan untuk bersama-sama dengan anaknya. Dan biasanya orang tua akan sibuk dengan gadgetnya; sibuk membalas pesan yang masuk, sibuk membalas pesan facebook, sibuk update status di facebook, sibuk chatting dengan teman-teman bisnis ataupun kenalan. Semakin banyak waktu yang orang tua habiskan diluar hubungan dengan anak, semakin kurang penilaian anak terhadap tingkat penting dirinya, semakin kurang tingkat nilai diri anak terhadap dirinya sendiri.

Meningkatkan Peran Orang Tua Bagi Anak

Bagaimana cara untuk meningkatkan peran orang tua?, inilah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para orang tua:

Perbanyak Waktu Dengan Anak
Semakin banyak waktu yang anda berikan bagi anak, semakin banyak pula hal yang bisa diberikan pada anak. Banyaknya waktu yang diluangkan untuk anak menunjukkan bahwa orang tua menilai bahwa anak merupakan bagian penting bagi hidup mereka sehingga secara tidak langsung turut meningkatkan nilai diri anak.

Berikan Perhatian Yang Cukup Untuk Anak
Anak-anak butuh perhatian yang banyak. Mereka butuh perhatian untuk membentuk kepribadian mereka. Dengan memberikan perhatian, menunjukkan bahwa anak memiliki tempat yang penting di dalam kehidupan orang tua.

Tunjukkan Bahwa Anak Lebih Penting
Tunjukkan bahwa anak lebih penting dari yang lain dengan mengedepankan kebutuhan anak, seperti waktu, kasih sayang, dan perhatian, bukan semata-mata uang atau pemberian materi pada anak.

Ucapkan Kata-Kata Yang Membangun
Ucapkan kata-kata yang bisa membangun hubungan yang akrab dengan anak dan membentuk kepribadian yang hangat pada anak, seperti “Papa/Mama mencintaimu anakku” , “Papa/Mama menyayangimu anakku”, tentunya dengan perasaan yang tulus dan tidak dibuat-buat.

Nonaktifkan gadget saat di rumah atau saat bersama dengan keluarga
Nonaktikan gadget anda saat bersama dengan keluarga. Gangguan yang terus menerus dari gadget yang dimiliki akan membuat anda kehilangan konsentrasi, membuat anda tidak fokus pada apa yang ada di sekitar anda, membuat anda tidak fokus pada keluarga dan anak-anak. Anak lebih penting dari sekadar gadget. Apakah gadget lebih penting dari anak? Silahkan memilih.






Tulisan ini adalah buah pikiran saya. Mohon berikan komentar dan koreksi untuk tulisan ini. :)

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: