free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 08 April 2014

Konfigurasi Claws Mail untuk Gmail

by Unknown  |  in Linux at  Selasa, April 08, 2014

Claws Mail

Setelah kemarin menguninstall Seamonkey dan Thunderbird karena ketidaksukaan saya terhadap keberpihakan Mozilla pada kaum Lesbian dan Gay , hari ini saya mencari pengganti untuk Thunderbird yang biasa saya gunakan untuk email client. Claws Mail lah yang akhirnya menjadi solusinya.

Kekurangan saat awal menggunakan Claws Mail adalah tidak adanya wizard untuk pengaturan koneksi ke penyedia email free seperti Gmail dan Yahoo Mail. Jadi terpaksa saya harus mengisi pengaturannya secara manual.

Karena saya lebih sering menggunakan Gmail, jadi saat ini saya cuma berusaha mencari pengaturan Gmail. Untuk pengaturannya dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut:
  1. Jalankan Claws Mail
  2. Buat mail account baru melalui menu Configuration -> Create New Account...
  3. Pada tampilan "Preferences for new account", buka menu Basic di sebelah kanan. Isikan Full Name dengan nama. Isi Mail Address dengan alamat email. Di bagian Server Information, pilih Protocol IMAP4. Isi Server for receiving dengan imap.gmail.com. Isi SMTP server (send) dengan smtp.gmail.com.
  4. Pilih menu SSL, lalu pilih di POP3 Use SSL for POP3 connection. Pilih di Send (SMTP) Use SSL for SMTP connection.
  5. Pilih menu Advanced, isikan nilai SMTP port dengan 587 dan IMAP4 port dengan 993.
  6. Klik Ok.

Voila, selesai...:D

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: