Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 14 September 2015

Pendahuluan: Pengenalan Pemrograman Menggunakan Java

by Joielechong sipayung  |  in Pengenalan Pemrograman Menggunakan Java at  Senin, September 14, 2015

Artikel ini merupakan bagian buku Pengenalan Pemrograman Menggunakan Java

Pengenalan Pemrograman Menggunakan Java
Versi 7.0, Agustus 2014

Pendahuluan


Pengenalan Pemrograman Menggunakan Java merupakan sebuah buku teks gratis untuk pengenalan pemrograman komputer yang menggunakan bahasa Java sebagai bahasa instruksinya. Buku ini cocok digunakan dalam pelajaran pengenalan pemrograman dan untuk orang yang ingin mencoba belajar pemrograman secara mandiri. Tidak diperlukan pengetahuan awal melebihi dari mengenal ide dari komputer dan program. Tersedia materi yang cukup untuk pemrograman setahun penuh di tingkat universitas. Bab 1 hingga Bab 7 dapat digunakan sebagai buku teks satu semester untuk pelajaran tingkat mahasiswa atau di dalam pelajaran setahun tingkat SMA. Sisa dari Bab dapat dicakup pada pelajaran sesi kedua.
Edisi Ketujuh dari buku ini mencakup "Java 7." Versi terbaru dari Java adalah versi 8, tetapi buku ini hanya sedikit sekali menyebutkan fitur-fitur baru dari Java 8.
Situs web dari buku ini adalah http://math.hws.edu/javanotes/. Halaman dari alamat tersebut mengandung tautan untuk mendownload kopi dari situs web dan untuk mendownload versi PDF dari buku ini. Situs web -- dan situs web downloadnya -- mencakup source code untuk program contoh yang didiskusikan dalam teks buku, jawaban untuk kuis di akhir bab dan diskusi serta solusi untuk latihan di akhir bab. Pembaca diharapkan untuk mendownload source code dari program contoh dan membaca serta menjalankan program di saat membaca buku ini. Pembaca juga sangat diharapkan untuk membaca solusi dari latihan jika ia ingin mendapatkan manfaat terbaik dari buku ini.

Buku ini menggunakan gaya bahasa buku teks daripada tutorial. Dimana buku ini mengkonsentrasikan dalam penjelasan konsep daripada memberikan petunjuk dengan langkah per langkah seperti di How-to-do-it. Saya telah mencoba menggunakan gaya penulisan percakapan yang lebih dekat ke kuliah di kelas daripada buku teks umumnya. Buku ini bukan merupakan buku referensi Java, dan bukan survei menyeluruh dari semua fitur Java. Buku ini tidak ditulis sebagai pengenalan cepat ke Java untuk orang-orang yang telah mengetahui bahasa pemrograman lainnya. Tetapi buku ini ditujukan umumnya untuk orang yang belajar pemrograman pertama kalinya, dimana dibahas mengenai konsep pemrograman secara umum dan Java secara khusus. Saya percaya Pengenalan Pemrograman Menggunakan Java sangat kompetitif dengan buku pemrograman yang dicetak secara konvensional, yang tersedia di pasar. (Yah, baiklah, Saya akui bahwa saya berpikir buku ini lebih baik.)
Ada beberapa pendekatan untuk mengajar Java. Salah satu cara dengan menggunakan pemrograman grafis antarmuka pengguna dari awal. Beberapa orang percaya bahwa pemrograman berorientasi objek seharusnya ditekankan dari awal. Ini bukan pendekatan yang saya gunakan. Pendekatan yang saya senangi adalah memulai dari blok bangunan pemrograman dasar dan membangun dari sana. Setelah bab pengenalan, Saya membahas pemrograman prosedural di Bab 2, 3 dan 4. Pemrograman berorientasi objek diperkenalkan di Bab 5. Bab 6 mencakup topik yang berhubungan erat dengan pemrograman berorientasi kejadian (event) dan grafis antarmuka pengguna. Array diperkenalkan di Bab 3 yang dijelaskan lebih lengkap di Bab 7. Bab 8 merupakan bab pendek yang menandai titik balik di buku, berpindah dari ide dasar pemrograman ke cakupan topik yang lebih lanjut. Bab 8 membahas mengenai penulisan program yang kokoh, benar, dan efisien. Bab 9 dan 10 mencakup rekursi dan struktur data, termasuk Java Collection Framework. Bab 11 membahas mengenai berkas dan jaringan. Bab 12 mencakup thread dan pemrosesan paralel. Akhirnya, Bab 13 kembali ke topik pemrograman grafis antarmuka pengguna untuk mencakup beberapa kemampuan Java yang lebih lanjut.

Edisi Ketujuh dari "Pengenaln Pemrograman Menggunakan Java" bukan merupakan pembaharuan besar dari edisi keenam. Tetapi sebenarnya motivasi utama saya untuk versi baru adalah menghapus semua penggunaan applet atau pembahasan tentang applet dari buku ini. Applet merupakan program Java yang berjalan di halaman web. Ketika Java pertama kali keluar, applet merupakan hal yang menarik, dan kelihatannya applet akan menjadi cara utama untuk membuat konten aktif di web. Sampai edisi keenam halaman web dari buku ini mencakup applet yang dipakai untuk menjalankan banyak program contoh. Tetapi karena isu keamanan dan kemunculan dari teknologi lain, applet saat ini tidak dipakai secara umum. Dan lebih dari itu, versi terbaru dari Java membuat penggunaan applet di buku ini menjadi cukup sulit dan tidak menyenangkan. Sebagai ganti applet, saya telah membuat sedemikian hal yang memudahkan pembaca untuk mendownload program contoh dan menjalankannya di komputer masing-masing.
Perubahan penting lainnya di edisi ketujuh adalah pengenalan array di Bab 3 dalam bentuk dasar yang dipakai pada tiga bab selanjutnya. Sebelumnya, array tidak diperkenalkan sampai Bab 7 setelah objek dan pemrograman GUI telah dibahas. Pembahasan lebih lanjut untuk array dilakukan di Bab  7.
Disamping itu, ada banyak perbaikan kecil secara keseluruhan yang kebanyakan berhubungan dengan fitur baru di Java 7.

Edisi lengkap yang terbaru dari Pengenalan Pemrograman Menggunakan Java selalu tersedia secara online di http://math.hws.edu/javanotes/. Versi pertama dari buku ini ditulis pada tahun 1996, karena itu terdapat beberapa versi setelahnya. semua edisi diarsipkan pada alamat web berikut ini:
Pengenalan Pemrograman Menggunakan Java bersifat gratis, tetapi tidak berlisensi public domain. Versi 7 diterbitkan dengan ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 3.0 License. Untuk meninjau kopi dari lisensi ini, kunjungi http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/3.0/. Sebagai contoh, Anda dapat:
  • Memposting kopi nonmodifikasi dari versi online di situs web Anda (Mencakup bagian yang mencantumkan penulis dan status lisensi dari kopi yang didistribusikan!).
  • Memberikan secara gratis versi nonmodifikasi dari buku ini atau menjual seharga ongkos produksi, selama masih di dalam batasan yang diberikan lisensi.
  • Membuat versi modifikasi dari buku lengkap atau bagian buku dan mempostingnya ke web atau mendistribusikannya secara nonkomersial, dengan menyertakan atribusi ke penulis, modifikasi dengan jelas dicatat, dan kopi dari versi modifikasinya didistribusikan dengan lisensi yang sama dengan yang asli. Ini termasuk terjemahan ke bahasa lain.
Untuk penggunaan buku ini yang tidak dicakup oleh lisensi, izin dari penulis dibutuhkan.
Walaupun sebenarnya tidak diperlukan di dalam lisensi, tetapi saya sangat menghargai jika mendengar kabar dari orang-orang yang menggunakan atau mendistribusikan pekerjaan saya.

Catatan teknis untuk produksi: Versi online dan PDF dari buku ini dibuat dari satu sumber, yang sebagian besar ditulis dalam XML. Untuk memproduksi versi PDF, berkas XML diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh program typesetting TeX. Selain berkas-berkas XML, sumber termasuk DTD, transformasi XSLT, berkas kode sumber Java, berkas gambar, sebuah berkas makro TeX, dan beberapa skrip yang digunakan dalam pemrosesan. Skrip-skrip ini bekerja di Linux dan Mac OS.
Saya telah membuat berkas kode yang lengkap tersedia untuk didownload pada alamat berikut:
Berkas-berkas ini pada mulanya tidak ditujukan untuk publikasi, oleh karena itu tidak cukup baik ditulis. Selain itu, memerlukan cukup banyak keahlian untuk menggunakannya secara efektif. Namun, saya mendapatkan beberapa permintaan untuk sumber dan telah membuatnya tersedia secara "apa adanya". Untuk informasi lebih lanjut mengenai sumber dan bagaimana menggunakannya, silahkan melihat di README file dari sumber downloadnya.

Profesor David J. Eck
Departemen Matematika dan Ilmu Komputer
Universitas Hobart dan William Smith
300 Pulteney Street
Jenewa, New York 14456, Amerika Serikat
Email: eck@hws.edu
WWW: http://math.hws.edu/eck/

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: