Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 01 Oktober 2015

Memiliki konsep diri yang tinggi

by Joielechong sipayung  |  in Opinion at  Kamis, Oktober 01, 2015

The Self Concept

Salah satu dari kunci kesuksesan dan kebahagiaan hidup adalah memiliki Konsep Diri yang tinggi. Konsep diri merupakan kumpulan kepercayaan tentang diri sendiri, hal-hal apa saja yang melekat pada diri sendiri, dan tentang siapa dan apakah diri kita ini. Jadi sebenarnya konsep diri adalah cara pandang kita terhadap diri kita sendiri atau kalau pakai bahasa inggrisnya "Who Am I?', atau kalau dalam bahasa nasional medannya "Ise Do Au?" (red. penulis ini orang medan). Cara pandang tentang diri sangat mempengaruhi pola pikir, cara kita mengambil keputusan, serta bagaimana kita menjalani kehidupan.

Ketika kita memiliki konsep diri yang tinggi, kita akan bekerja dan hidup dengan baik. Kita akan merasa kompeten dan nyaman setiap kali melakukan sesuatu hal karena yang kita lakukan selalu konsisten dengan cara kita melihat diri sendiri.

Konsep Diri Yang Rendah
Tidak semua orang memiliki konsep diri yang tinggi. Bahkan saya harus akui, saya juga masih memiliki konsep diri yang rendah. Saya terkadang (walaupun bisa dikatakan sering) menganggap diri saya tidak layak untuk mendapatkan sesuatu hal; Saya takut untuk mengutarakan cinta kepada seorang gadis meskipun saya tahu gadis tersebut suka sama saya dan bahkan teman-temannya juga mengatakan demikian, atau dikala mengerjakan sebuah tugas saya terlalu takut bahwa yang saya kerjakan bakalan gagal meskipun setelah menyelesaikannya ternyata tugas tersebut berhasil saya kerjakan dengan baik.

Banyak orang yang kurang beruntung dilahirkan di keluarga yang memiliki citra diri rendah dan kebanyakan keluarga tersebut merupakan keluarga yang memiliki keuangan yang berkekurangan. Di keluarga seperti ini, anak-anak akan dicekoki dengan pemikiran yang menurunkan harga dirinya. Contoh kecilnya seperti perkataan "kita orang miskin", "kamu gak bisa apa-apa", "kamu anak bodoh", "kita orang kecil", dan sebagainya. Perkataan demikian akan membuat anak memiliki harga diri yang rendah dan kepercayaan diri yang rendah.

Sulit untuk memiliki citra diri yang tinggi dalam keluarga yang memiliki citra diri rendah. Sulit untuk mendapatkan kepercayaan diri yang tinggi kalau dibesarkan dalam keluarga yang memiliki citra diri yang rendah. Mengapa? Karena di dalam keluarga denga citra diri rendah tiap-tiap anggota keluarga akan saling memperkuat pemahaman bahwa mereka itu tidak dapat memiliki kepercayaan diri yang tinggi, harga diri yang tinggi. Hal ini akan berlangsung selama anggota keluarga masih berada di dalam keluarga tersebut.

Jadi masalah utama yang harus dipecahkan adalah bagaimana caranya mendapatkan konsep diri yang tinggi.

Bagaimana Mendapatkan Konsep Diri Yang Tinggi
Sebenarnya, tidak ada cara yang mudah untuk ini. Orang yang memiliki konsep diri yang rendah hanya bisa mengubah pemikirannya jika ia pernah bersinggungan dengan hal-hal yang bisa meningkatkan konsep dirinya. Ia harus pernah mencicipi sedikit pengetahuan tentang diri dari pengetahuan di luar "dunianya". Salah satunya adalah melalui pendidikan. Pendidikan akan memberinya wawasan bahwa ada hal yang baik dari dirinya, ada hal yang bisa dibanggakan dari dirinya. Sehingga dengan tidak secara langsung, pendidikan akan meningkatkan citra diri seseorang.

Selain pendidikan, buku juga merupakan salah satu hal yang bisa meningkatkan konsep diri seseorang. Buku biografi orang-orang sukses yang meniti karir dari nol juga buku-buku motivasi akan membuka cakrawala seseorang tentang betapa berharganya sebenarnya dirinya.

Tetapi yang paling menentukan adalah keterbukaan seseorang untuk menerima semua pengaruh-pengaruh luar ini; pendidikan maupun buku. Keterbukaan untuk menerima pandangan baru merupakan dasar untuk berubah. Kita hanya bisa mengubah pemikiran jika kita mau berubah. Karena yang menentukan bukan orang lain atau hal-hal lain disekitar kita. Kitalah yang menentukan jalan hidup kita sendiri.


Referensi:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Self-concept
  2. McLeod, S. A. (2008). Self Concept. Diambil dari www.simplypsychology.org/self-concept.html
  3. Tracy, Brian. Advanced Selling Strategies: The Proven System of Sales Ideas, Methods, and Techniques Used by Top Salespeople Everywhere.


0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: