Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 10 Januari 2016

Berserahlah disaat kamu lelah

by Joielechong sipayung  |  in Opini at  Minggu, Januari 10, 2016


Mungkin kata berserah bagi kita seperti sebuah kekalahan. Ternyata dibalik rasa berserah, kita dilepaskan dari beban pikiran. Bukannya malah dilemahkan malah semakin dikuatkan.

Adakalanya kita harus memilih untuk berserah disaat semuanya kelihatan tidak mungkin. Disaat semuanya kelihatan mustahil dan mengalami jalan buntu, tidak ada pilihan lain lagi selain berserah. Kekuatan muncul disaat kita berserah karena disaat berserah keseluruhan tubuh menjadi rileks dan beban pikiran hilang. Pikiran yang jernih kita dapatkan kembali. Daya juang yang sebelumnya hilang kembali diisi.

Berbeban berat?
Kadang tidak disadari bahwa beban pikiran yang kita pikul terasa berat karena kita memilih untuk berserah. Kita terlalu fokus pada penyelesaian masalah yang semakin hari semakin memperberat beban pikiran. Otak semakin jenuh. Otak menjadi semakin lambat karena daya pikirnya dan kerjanya terganggu oleh pikiran-pikiran yang seharusnya tidak selalu hadir di dalam otak. Otak kita perlu istirahat. Otak kita perlu waktu untuk memperbaiki dirinya. Tetapi nyatanya kita terlalu sombong dan terus memaksa kerja otak yang telah jenuh. Kita sering berpikir bahwa semakin banyak tugas, pekerjaan, dan pikiran yang melekat pada diri menunjukkan kita lebih hebat dari orang lain. Lihat saja di sekitar kita, masyarakat lebih menghargai orang yang sibuk, orang yang punya banyak pekerjaan, orang yang bisa disebut workaholic. Kita menjadi orang-orang yang menganggap rendah dan tidak berharganya waktu untuk bersantai. Seolah-olah waktu itu diciptakan hanya untuk bekerja.

Jika beban hidupmu terasa berat dan menyesak, berhentilah. Hentikan kegiatanmu. Hentikan egomu. Berhentilah berpikir bahwa kamu mampu berdiri sendiri dengan kekuatanmu. Berserahlah kepada Penciptamu. Sebab Ia tahu apa yang kamu perlu. Sebab Ia tahu kamu memerlukan istirahat bagi kesegaran tubuhmu. Ia mengerti dirimu jauh lebih baik daripada dirimu sendiri. Ia akan memberikan jalan yang terbaik jika kamu berserah penuh kepada-Nya.



sumber gambar: www.tumblr.com

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: