Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 01 Januari 2016

Komunikasi, Berikan pujian yang tulus

by Joielechong sipayung  |  in Pengembangan Diri at  Jumat, Januari 01, 2016

Ada satu hal yang sering kita lupakan sebagai cara berkomunikasi, pujian yang tulus untuk orang lain. Kita sering lupa untuk memberikan pujian yang tulus pada orang lain, sebaliknya selalu ingin dipuji orang lain. Ini merupakan sifat alami yang dimiliki manusia, keinginan untuk dipuji. Sayangnya tidak semua orang suka memuji, bahkan kalau bisa dibilang sangatlah sulit untuk menemukan orang yang memuji orang lain dengan tulus.

Kalau kita berusaha untuk jujur, kebanyakan dari kita sesungguhnya cukup egois. Kita sering mengharapkan pujian dari orang lain tanpa pernah berusaha untuk memuji orang lain. Karenanya, banyak komunikasi yang baik tidak terjalin hanya karena tidak adanya pujian yang tulus.

Setiap orang senang untuk dipuji. Hampir setiap orang senang dengan orang yang suka memuji. Oleh karena itu, jika kita ingin berkomunikasi dan dekat dengan orang lain maka pujian merupakan sesuatu yang wajib kita lakukan. Karena orang yang dipuji merasa dia berharga, Ia mendapatkan energi positif dari pujian orang lain.

Pujian yang tulus itu sangat berharga. Tetapi pujian yang mengada-gada merusak. Orang senang dengan pujian yang jujur dan tulus bukan dengan kebohongan.

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: