free counters
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 16 Juni 2012

Kesehatan Mata Anak, Fakta dan Mitos

by Unknown  |  in Kesehatan at  Sabtu, Juni 16, 2012


Banyak orang tua tumbuh dengan pandangan medis atau saran yang telah terbukti oleh para ilmuwan tidak benar atau ketinggalan jaman. Berikut ini adalah tinjauan dari lima mitos umum tentang kesehatan mata anak-anak dan realitas medis di belakang mereka, yang disiapkan oleh dokter di The Vision Center Rumah Sakit Anak Los Angeles.

1. Duduk terlalu dekat dengan TV akan merusak mata anak Anda.
Mitos. "Duduk di depan TV atau layar komputer selama empat jam dapat menghalangi perkembangan intelektual anak Anda tetapi tidak akan merusak mata mereka," menurut Dr Mark Borchert, kepala divisi dari  The Vision Center di Rumah Sakit Anak Los Angeles.
Dr Borchert mengatakan bahwa anak-anak dapat menderita penglihatan kabur, sakit kepala dan masalah lainnya ketika berfokus terlalu lama pada satu objek, seperti layar komputer. Video lama sesi permainan mungkin memiliki konsekuensi yang merugikan seperti interaksi sosial berkurang atau lebih sedikit waktu melakukan pekerjaan rumah, namun mereka tidak akan secara permanen merusak mata anak.
"Jika seorang anak duduk terlalu dekat ke layar TV atau komputer, mungkin karena dia perlu kacamata untuk melihat dengan baik. Duduk sangat dekat dengan layar tidak akan membuat mereka perlu kacamata, "kata Dr Borchert.

2. Banyak makan wortel akan meningkatkan penglihatan anak.
Mitos. Wortel memang mengandung vitamin A, yang merupakan bahan utama dalam keseluruhan nutrisi yang baik, bagaimanapun, makan banyak wortel tidak akan meningkatkanpenglihatan Anda. Temuan penelitian terbaru menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya Lutein, nutrisi tanaman, dapat membantu mencegah berkaitan dengan usia degenerasi makula, salah satu penyebab paling umum kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua. Lutein merupakan karotenoid, pigmen alami, ditemukan dalam sayuran berdaun hijau seperti bayam dan di berbagai buah-buahan dan jagung.
"Penelitian ini sangat awal, tetapi menunjukkan bahwa Lutein dapat membantu melindungi orang dewasa dari degenerasi makula. Makan diet seimbang dengan banyak sayuran hijau sudah cukup untuk kebanyakan keluarga, "kata Dr Borchert.
Reputasi wortel sebagai peningkat penglihatan ini sebagian disebabkan oleh kenyataan bahwa sumber Vitamin A sangat membantu dalam mengobati rabun senja, juga disebut buta ayam, yang dapat disebabkan oleh kekurangan Vitamin A.

3. Hanya orang dewasa bisa memakai lensa kontak dengan aman.
Mitos. Anak-anak dari segala usia, bahkan bayi, bisa memakai lensa kontak dengan aman jika prosedur yang benar diikuti. Di bawah usia 10, orang dewasa harus memasukkan, menghapus dan membersihkan lensa. Banyak anak lebih dari usia 10 tahun dapat menangani lensa kontak (memakai dan membersihkan) sendiri.
Menurut Dr Borchert, dokter mata anak dapat meresepkan lensa kontak untuk bayi dan anak yang sangat muda untuk meningkatkan pengembangan visi saat mata memerlukan resep yang sangat berbeda setelah operasi katarak, jaringan parut kornea atau penyakit seperti Retinopati dari Prematuritas.
Dr Borchert mengatakan bahwa bukan ide yang baik untuk anak-anak sekolah dasar untuk memakai lensa kontak hanya untuk alasan kosmetik. Juga, semua lensa kontak harus diperoleh melalui dokter, baik ophthalmologist atau dokter optometri.

4. Berlari dengan memegang gunting adalah penyebab utama dari cedera mata pada anak.
Mitos. Sebuah survei nasional terbaru di Amerika Serikat menemukan bahwa sekitar 59% dari cedera mata pediatrik terjadi selama acara olahraga dan rekreasi. National Eye Institute (Amerika Serikat) juga menyatakan bahwa baseball adalah olahraga yang bertanggung jawab untuk jumlah terbesar dari cedera mata pada anak usia 14 dan lebih muda. Namun, basket adalah penyebab utama dari cedera mata pada mereka yang berusia 15 sampai 24.
Menurut Prevent Blindness America, 72 persen dari semua cedera mata karena olahraga terjadi pada orang yang berusia 25 dan lebih muda. Namun, hanya 15 persen anak-anak memakai pelindung mata. Anak-anak harus didorong untuk memakai kacamata keselamatan yang tepat, seperti kacamata atau masker wajah, untuk setiap olahraga di mana mereka berpartisipasi.

5. Tidak mungkin membuat anak-anak muda memakai kacamata hitam (anti sinar matahari).
Mitos. "Sangat penting bahwa anak-anak muda mengenakan kacamata hitam dan produk baru dengan tali-pada frame sehingga mempermudah kacamata untuk dikenakan," kata Dr Borchert.
Lensa mata seorang anak memungkinkan sinar UV 70% lebih banyak untuk mencapai retina dibandingkan orang dewasa. Kebanyakan orang tua menyadari kebutuhan penting untuk melindungi kulit anak-anak mereka dari paparan sinar UV dengan blok matahari, namun hanya beberapa yang menyuruh anak-anaknya memakai kacamata hitam.
"Jika di luar ruangan cukup terang bagi Anda untuk memakai kacamata hitam, anak Anda juga harus memakai kacamata hitam," kata Dr Borchert.



referensi: http://www.chla.org/site/c.ipINKTOAJsG/b.6064403/k.AE93/Eye_Health_Myths_and_Facts__Kids_Eye_Health__The_Vision_Center.htm

1 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar anda: