Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 21 November 2012

Pentingnya Fokus Jangka Panjang

by Joielechong sipayung  |  in Personal Building at  Rabu, November 21, 2012


Artikel ini merupakan bagian ketujuh dari 10 bagian topik mengatasi Kebiasaan Pembatas Karir.

Mudah sekali kita terjebak dalam pekerjaan sehari-hari di tempat kerja yang sibuk saat ini; perjalanan tugas yang menyebalkan, pertambahan daftar kerja, tenggat waktu yang sudah dekat, dan lain sebagainya. Semua hal ini menyedot energi mental Anda mulai pagi sampai malam hari. Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam "Hal disini dan sekarang" sehingga Anda lupa mengangkat kepala dan melihat sesekali ke luar ke arah cakrawala.
Ketika Anda sibuk dengan hal sehari-hari, saat itulah banyak hal-hal yang lain akan terlewatkan.

Mengapa Fokus Jangka Panjang Penting
Fokus jangka panjang berjalan bersamaan dengan perspektif terhadap gambaran besar. Kemampuan ini membantu Anda memahami permasalahan utama. Anda hanya akan memiliki visi sempit tanpa adanya fokus jangka panjang. Dengan melihat ke atas dan keluar, perspektif Anda akan bergeser. Anda akan lebih mawas akan kebutuhan besar dari organisasi di masa sekarang dan di masa depan. Anda akan lebih memahami peran Anda dalam kesuksesan organisasi.
Dengan memiliki fokus jangka panjang, Anda akan menjadi lebih proaktif untuk secara aktif mengelola apa yang akan terjadi pada Anda daripada hanya bereaksi pada saat sesuatu sedang terjadi pada Anda. Menurut saya, hal inilah yang membedakan karyawan rata-rata dengan karyawan yang menonjol.
Fokus jangka panjang juga akan membantu Anda untuk mempersiapkan dengan baik untuk hal yang akan terjadi. Perusahaan selalu berubah dan berkembang. Untuk tetap menjadi relevan, Anda harus selalu berada bersamanya di setiap langkah yang diambilnya atau Anda akan ketinggalan kereta.

Bagaimana mengeser paradigma Anda
Lepaskan penutup mata Anda dan berhenti melihat ke bawah. Arahkan mata Anda ke atas. Tatap ke arah cakrawala. Berikut tips untuk membantu Anda melakukannya:

1. Mengenal Industri Anda
Hampir setiap industri memiliki majalah, asosiasi, atau situs web dimana informasi terkini mengenai trend dapat ditemukan. Daftar dan bergabunglah segera. Temukan informasi mengenai pertumbuhan industri Anda di masa lalu dan bagaimana para ahli memprediksikannya di masa depan. Apa tantangan yang dihadapi industri Anda? Peluang apa yang ada? Bagaimana hal ini berpotensi mempengaruhi Anda dan perusahaan Anda? Tetapkan diri Anda untuk selalu memiliki informasi terbaru.

2. Kenali Perusahaan Anda
Hal yang sama berlaku untuk perusahaan Anda. Baca laporan perkembangan perusahaan. Bicaralah dengan para eksekutif saat Anda memiliki kesempatan. Cari tahu apa tantangan dan kesempatan yang datang pada Anda. semakin banyak Anda tahu maka Anda akan semakin siap.

3. Kenali Diri Anda
Tentu saja Anda tidak boleh mengabaikan diri Anda. Fokus jangka panjang juga berlaku untuk tujuan karir Anda. di mana Anda ingin berada lima tahun lagi? Bagaimana dengan sepuluh tahun? Bagaimana pekerjaan Anda saat ini akan membantu anda mencapai tujuan Anda? Apa peluang atau tantangan yang mungkin muncul di sepanjang jalan? Bagaiamana Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman Anda saat ini untuk meningkatkan peluang anda dan menimalkan tantangan Anda?

4. "Apa Selanjutnya?"
Selalu pertanyakan hal ini pada diri Anda. Bagaimana tugas yang Anda kerjakan sekarang berubah atau berkembang di masa depan? bagaimana tugas tersebut mempengaruhi tahap selanjutnya dari proyek Anda? Apa yang dapat dilakukan saat ini  untuk membuat hari esok lebih baik, lebih efisien, lebih menguntungkan, dan lebih sukses? Lihat beberapa langkah ke depan dari posisi Anda sekarang.


Artikel Selanjutnya: Pro dan Kontra dari Sifat Egois


sumber: www.eatyourcareer.com/2011/08/missing/
photo credit: www.cfsgam.com.au

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: