Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 09 Oktober 2015

Mengakui kelemahan diri sendiri

by Joielechong sipayung  |  in Personal Building at  Jumat, Oktober 09, 2015

 Kenali musuhmu, kenali dirimu, maka kamu dapat berperang dalam ratusan pertempuran tanpa kemalangan. Sun Tzu

Mengenali diri itu merupakan hal mendasar yang kita perlukan untuk berkembang. Mengenali diri itu penting bagi perkembangan hidup ke arah yang lebih baik. Kita dapat mengetahui apa-apa aja hal yang baik dari pribadi kita, apa-apa saja yang tidak baik yang kita miliki. Kita bisa mengetahui sifat apa yang harus dipertahankan serta sifat apa yang seharusnya digantikan dengan yang lebih baik.

Kita harus jujur terhadap diri sendiri agar mampu melihat siapa diri kita ini. Bahkan jujur akan kelemahan dan kekurangan yang ada pada diri. Jujur bahwa sebagai manusia kita memiliki banyak kekurangan dan juga kelebihan dari orang lain.

Setiap manusia memiliki kelemahan di dalam hidupnya. Memiliki kelemahan bukan berarti kita gagal sebagai seorang manusia. Malah kelemahan sebenarnya merupakan hal penting yang membuat kita menjadi sosok yang dapat bersosialisasi dengan orang lain. Karena kelemahan membuat kita mengerti orang lain dan membuat kita memiliki keinginan untuk berhubungan dengan orang lain dan saling menguatkan. Kelemahan kita akan diseimbangai oleh kekuatan orang lain.

Dengan mengetahui kelemahan diri dan mengakuinya maka kita akan menjadi pribadi yang terbuka akan perubahan. Karena hanya dengan cara inilah kita akan mencintai hidup kita apa adanya. Pengakuan akan kelemahan diri berarti menerima hidup kita seutuhnya. Menerima bahwa kita adalah makhluk yang tidak sempurna. Kemudian dari sinilah kita akan memulai perubahan pribadi ke arah yang lebih baik.

Lemah bukan berarti kalah.

Baca juga:
1. Miliki Kepercayaan Pada Diri Anda
2. Kesadaran Bahwa Saya Memiliki Potensi Berhasil
3. mengapa saya terus-terusan gagal
4. Cintailah Dirimu Sendiri


referensi kutipan: https://en.wikiquote.org/wiki/Sun_Tzu
sumber gambar: http://www.clipartpanda.com

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: