Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 21 November 2013

Miliki Kepercayaan Pada Diri Anda

by Joielechong sipayung  |  in Opini at  Kamis, November 21, 2013

Self Belief*
Sering kali kita menemukan persoalan yang kelihatan tidak mampu terselesaikan dengan cara apapun, sebesar apapun kita akan mencobanya selalu tertanam pikiran bahwa solusi masalah tersebut tidak akan pernah ada. Kita menetapkan gagasan bahwa masalah tersebut mustahil untuk dipecahkan. Dan memang kenyataannya masalah tersebut tidak bisa kita selesaikan.

Apa yang kita percaya itu yang menjadi kenyataan. Apa yang kita pikirkan sepanjang waktu itu yang akan membentuk kenyataaan bagi kita. Kalau kita percaya bahwa sesuatu mustahil dilakukan maka itu menjadi kebenaran dan kepastian dalam hidup kita. Apa yang kita pikirkan sepanjang waktu tentang diri kita itulah yang membentuk kepribadian kita. Kita dibentuk oleh pemikiran dan penerimaan akan diri.

Banyak hal yang kelihatan mustahil dilakukan. Banyak masalah yang sepertinya tidak akan pernah dapat kita pecahkan. Terlalu banyak persoalan yang seakan-akan tidak dapat terselesaikan. Tetapi kenyataannya, saat kita telah menjalaninya ternyata semua itu dapat teratasi. Segalanya dapat diatasi saat kita terlibat di dalamnya.

Ketiga kata ini : "Kelihatan", "sepertinya", "seakan-akan" merupakan petunjuk bahwa kita memikirkan masalah tersebut namun setelah itu kita menerimanya menjadi sebuah kebenaran di dalam menghadapi masalah.

Berhentilah berpikir bahwa anda tidak mampu mengatasi masalah saat anda berhadapan dengan masalah. Berhentilah berpikir negatif tentang masalah tersebut. Saat menghadapi masalah, segera tanamkan bahwa Anda mampu menyelesaikannya. Percayalah bahwa selalu ada solusi untuk segala masalah.

Seperti kedengaran sederhana kah? Memang sangat sederhana. Kita tidak perlu mempunyai konsep yang rumit untuk membentuk pribadi yang sanggup menghadapi masalah. Cukup dengan menanamkan pemikiran yang positif tentang diri. Tetapi mengapa masih banyak orang yang gagal dalam menghadapi masalah?

Apakah yang membuat banyak orang gagal?. Banyak yang gagal karena ketidakadaan kedisiplinan dalam menanamkan  pikiran positif yang memberikan kekuatan untuk mengatasi masalah. Tanamkan setiap hari pikiran positif pada saat anda bangun dari tempat tidur, saat anda memulai aktivitas.

Membentuk pribadi memerlukan waktu yang sangat panjang. Seperti proses saat belajar bersepeda. Kita pasti selalu jatuh saat memulai mengayuh, selalu ada luka karena gagal menyeimbangkan diri, selalu ada kegagalan untuk tetap berupaya mengayuh sepeda dalam jalur yang lurus. Tetapi kegagalan tersebut tidak membuat kita berhenti untuk mencoba. Meskipun gagal, kita selalu mencoba terus dan terus sampai berhasil. Dan ketika berhasil, kemampuan bersepeda yang didapat akan tetap terekam di ingatan seumur hidup.

Di dalam proses pembentukan pribadi, kita akan selalu mengalami kegagalan di dalam bertahan untuk tetap percaya. Selama kita tetap teguh untuk kembali mencoba maka kita akan sampai pada titik dimana pencapaian bentuk pribadi yang kita ingini.

Kita terkadang mengalami kegagalan dalam hidup, kegagalan dalam mengatasi masalah meskipun kita sudah menerapkan pikiran positif. Apapun kendala yang terjadi, tetaplah percaya pada kemampuan diri anda dalam menghadapi masalah.

Yang membedakan orang berhasil dengan orang yang gagal adalah orang berhasil selalu bangkit ketika gagal.

Tetaplah percaya pada diri Anda.


Baca Juga:
1. Organisasi Waktu Dan Kerja.
2. Mengapa Saya Terus-Terusan Gagal.
3. Mendisiplinkan Diri.




* Sumber gambar: Self Belief

0 comments:

Silahkan tinggalkan komentar anda: